oleh

Renovasi Dua Puskesmas di Sampang Tembus Rp15 Miliar

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Anggaran rehabilitasi pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sampang cukup fantastis. Sebesar Rp15 miliar dana untuk merehab bangunan dua puskesmas. Masing-masing, Puskesmas Kedungdung dan Sreseh. Realisasi rehab untuk dua puskesmas tersebut, saat ini masih proses lelang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi mengaku, perbaikan bangunan untuk dua puskesmas itu memang sangat dibutuhkan tahun ini. Sebab, kondisinya cukup memprihatinkan. Sehingga, melalui dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 rehab dua puskesmas bisa terpenuhi.

“Jadi anggaran Rp15 miliar itu nantinya akan dipecah menjadi dua. Rp7 miliar untuk renovasi Puskesmas Kedungdung dan Rp8 miliar untuk renovasi Puskesmas Sreseh,” ujarnya, Rabu (31/3/2021) .

Menurutnya, renovasi puskesmas akan dilakukan secara bertahap per tahun. Hanya saja, untuk penganggarannya dilakukan secara bertahap dengan besaran anggaran renovasi disesuaikan dengan kebutuhan. Sesuai target, setiap puskesmas sebagai pelayanan memiliki infrastruktur yang baik.

“Rata-rata renovasi puskesmas anggarannya cukup besar. Karena renovasi tidak hanya terlihat dari sisi bangunan. Tapi, fasilitas yang melekat pada bangunan harus lebih baik,”  ucapnya.

Dia menegaskan, pemerintah melakukan renovasi atas regulasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sudah menetapkan prosedur tetap  (protap) mengenai kelayakan puskesmas. Regulasi tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75/2014 Tentang Puskesmas.

“Target pemerintah pusat, secara merata semua puskesmas mempunyai fasilitas yang memadai dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan begitu, puskesmas menjadi solusi masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik. Baik pelayanan fasilitas dan personal,” tegasnya.

Disinggung mengenai tender, pihaknya mengaku masih dalam proses. Bahkan, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pembukaan lelang. “Insyallah, minggu ke dua bulan April ini sudah dilelang,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sampang, Yuliadi Setiawan menekan, agar layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) maupun dinas terkait serius memilih pemenang tender. Sehingga, kualitas pekerjaan optimal. Sebab, puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat kecamatan.

“Mudah-mudahan renovasi puskesmas sesuai harapan. Sehingga, mampu memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat,” harapnya.  (man/ito)

Komentar

News Feed