oleh

Resmi Dilantik, HMI Cabang Persiapan Sampang Siap Jalankan Amanah

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Sebelumnya, organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang ada di Kabupaten Sampang tidak memiliki cabang sendiri. Sehingga harus bercabang ke Kabupaten Pamekasan. Realisasi pemekaran HMI tersebut bisa terwujud berkat perjuangan, komitmen, dan ketulusan para kader HMI, KAHMI, Pengurus HMI Cabang Pamekasan, Pengurus Badan Koordinasi (Badko) HMI Jatim dan PB HMI. Pada waktu Kongres HMI ke-XXX di Ambon, HMI Cabang Sumenep mengajukan untuk HMI di Sampang dimekarkan menjadi cabang karena sudah layak, sehingga pada tahun 2019 disahkan sebagai Cabang Persiapan.

Adapun latar belakang pemisahan dari Cabang Pamekasan itu karena kader HMI di kabupaten berjuluk Kota Bahari semakin banyak dan agar tidak bergantung pada cabang lain. Proses pengajuan pembentukan cabang di Sampang ini sudah lama. Yakni berkisar dari tahun 2015, dan waktu itu masih ada satu komisariat. Tetapi, dari tahun ke tahun jumlah anggota semakin bertambah dari berbagai kampus di Sampang.

Sehingga, mengajukan ke badko kemudian di usulkan ke PB HMI, setelah disahkan pada pleno 3 koordinasi ke badko untuk pelaksanaan Musyawarah Cabang I, dan dibentuklah Tim Karateker. Selain karena banyaknya anggota, juga sebagai pengabdian terhadap organisasi dalam berkontribusi untuk perubahan daerah ke arah yang lebih baik.

“Awal masuknya HMI di Sampang ini tahun 2009, saat itu hanya ada satu komisariat yaitu di Komisariat Stainata Sampang. Tetapi seiring berjalannya waktu, ada penambahan, seperti di Stainata Ketapang, Syiria Sreseh, Poltera, Stei Walisongo, STAI Al Ma’arif, dan sekarang kita punya anggota muda di Akbid Graha Husada. Pengesahan HMI di Sampang sebagai Cabang Persiapan pada tahun 2019, tentu saja tidak lepas dari  perjuangan berbagai pihak, seperti para mantan ketua umum komisariat beserta pengurusnya, para senior, dan anggota HMI yang lainnya. Namun, karena adanya dinamika pelantikan, baru bisa dilaksanakan tahun 2021,” tutur Ketua Umum HMI Cabang Persiapan Sampang, Fitri Annisa kepada Kabar Madura, Minggu (14/3/2021).

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa terpilihnya dirinya sebagai ketua umum itu berdasarkan hasil Musyawarah Cabang I, sehingga mau tidak mau harus menjalankan roda organisasi sebagaimana mestinya. Selain itu, saat ditanya dedikasinya, ia menyatakan, tahun 2014-2017 pernah menjadi Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan di Komisariat Stainata Sampang, tahun 2017-2019 sebagai Sekretaris Umum KOHATI Cabang Pamekasan, dan menjadi anggota Badan Pengelola Latihan HMI di Cabang Pamekasan tahun 2019.

“Saya masuk di HMI itu tahun 2013, mengikuti Latihan Kader (LK1) 2013 di Komisariat Stainata, Latihan Kader (LK2) tahun 2017 di Cabang Pamekasan dan Latihan Khusus Kohati (LKK) di Cabang Sumenep tahun 2017. Tahun 2018  mengikuti Senior Course (SC) di Cabang Surabaya. Jadi, saya terpilih sebagai ketua ini adalah  hasil kontestasi, bukan hasil penobatan,” cetusnya.

Kendati demikian, pada pelantikan yang diselenggarakan pada 12 Maret 2021 kemarin, ia berharap, semua pengurus periode 2021-2022 HMI Cabang Persiapan Sampang tambah solid, dan amanah.

“Semoga dalam solidnya kepengurusan 2021-2022, cabang persiapan ini akan segera definitif, “imbuhnya. (mal/maf)

Komentar

News Feed