oleh

Resmi, Pemkab Sumenep Tutup Layanan Transportasi ke Kepulauan

Kabarmadura.id/Sumenep-Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget Sumenep Supriyanto melarang beroperasinya kapal penumpang ke daerah kepulauan dan sebaliknya. Pihaknya tidak segan-segan mencopot izin operasional kapal jika masih beroperasi di masa wabah Covid-19 ini.

Pelarangan tersebut berdasarkan surat edaran (SE) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep Nomor: UM/003/27/04/KSOP.KLG-2020, yang berpedoman pada Keppres Nomor 11 Tahun 2020 dan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Masa Mudik Idul Fitri dalam Rangka Pencegahan Covid-19.

Larangan terhadap kapal atau transportasi laut yang biasa mengangkut penumpang ke Pulau Kangean, Masalembu dan Sapeken itu berlaku sejak 27 April 2020, tanpa terkecuali baik angkutan milik swasta maupun yang lainnya.

“Jika tetap memaksa atau nekat, maka tunggu saja pasti ada sanksi, yaitu akan dicabut izin operasional sehingga tidak boleh lagi mengangkut sesuai rute tersebut. Karena hal itu pertimbangannya adalah untuk mencegah penularan Covid-19 di Semenep terlebih di Kepulauan,” katanya, Senin (27/4/2020).

Tetapi untuk kepentingan perawatan, misalnya salah satu masyarakat kepulauan diharuskan untuk dirujuk ke RSUD dr Moh Anwar Sumenep, maka hal itu diperbolehkan, termasuk aparatur yang mempunyai kepentingan juga dipersilakan.

Dia juga menambahkan, larangan tersebut berlaku untuk seluruh rute kepulauan di Sumenep, kecuali pulau terdekat seperti Talango dan Giligenting. Tetapi tetap diharuskan ketika beroperasi mengikuti protokol kesehatan.

“Tidak ada kelonggaran, siapapun jika terpaksa mengangkut maka tetap akan ditindak, terkecuali yang sakit, tenaga medis, dan tim aparat boleh,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Sumenep A Busyro Karim mengatakan, pelarangan tersebut merupakan langkah awal yang harus dilakukan guna meminimalisir penyebaran wabah Covid-19.

Menurutnya, larangan beroperasinya kapal laut merupakan tahap awal. Untuk selanjutnya, bukan tidak mungkin juga dilakukan penutupan terminal dan tindakan lainnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed