oleh

Resmikan RSD Ketapang, Bupati Sampang Penuhi Layanan Kesehatan di Pantura

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Rumah Sakit Daerah (RSD) Ketapang di Kecamatan Ketapang, Sampang yang dirintis sejak tahun 2016, kini sudah dilaunching oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang ada di wilayah pantura..

Launching bertempat di halaman RSD Ketapang tersebut, juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang serta tokoh ulama wilayah pantura Sampang.

Peresmian dibuka dengan persembahan tari-tarian, serta pembunyian sirine ambulans yang dilakukan oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prakarya, dan pemotongan tumpeng serta pemeriksaan fasilitas dan ruangan yang tersedia.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menuturkan, rencana untuk mebuka Rumah Sakit Daerah (RSD) Ketapang sudah sejak tiga tahun yang lalu. Sebab, RSD Ketapang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sampang, khusunya warga pantura. Mengingat jarak RSUD Mohammad Zyn Sampang di wilayah selatan yang terlalu jauh.

Sehingga, dirinya merasa bangga saat rumah sakit ini dibuka, karena nantinya akan menjadi rumah sakit rujukan masyarakat wilaya pantura, dan merupakan harapan bersama.

“Hari ini, bertepatan di hari kesehatan nasional yang ke-56, tentunya harapan kami adalah Rumah Sakit Ketapang menjadi penugasan untuk pelayanan kesehatan di daerah utara dan menjadi rumah sakit rujukan di pantura,” ugkapnya, Kamis (12/11/2020).

Meskipun fasilitas di RSD Ketapang belum lengkap, namun mulai Kamis (12/11/2020), sudah beroperasi. Sedangkan untuk memenuhi fasilitas yang kurang, akan dilakukan sembari berjalan.

Sarana yang belum lengkap itu, salah satunya alat kesehatan berupa CT scan. Namun pihaknya berencana mengusulkannnya, karena alat tersebut dinilai urgent. Tetapi untuk memenuhi semua kebutuhan, akan dilakukan bertahap.

“Kalau ventilator dan yang lain sudah ada, semua tinggal kelengkapan-kelengkapan yang lain, nanti apa yang dibutuhkan itu kami dropping, tapi bertahap, mudah mudahan sukses semua, dan ini akan kami prioritaskan,” imbuhnya

Mengenai ketersediaan dokter spesialis, RSD Ketapang sudah memiliki dua orang, di antaranya dokter spesialis bedah dokter spesialis anak. Sehingga dirinya meminta agar pelayanan kepada msyarakat harus dimaksimalkan.

Dalam mengoperasikan RSD tersebut, juga diharapkan jangan sampai ada kelompok-kelompok, karena ini demi menjaga kesehatan masyarakat pantura.

“Kurangnya, tentu nanti bertahap, kami juga akan didistribusikan untuk memaksimalkan pelayanan di Rumah Sakit Ketapang ini, dan jangan sampai kelompok-kelompok,” pungkasnya. (mal/waw)

Komentar

News Feed