Review Pugar, Diskan Pamekasan Komitmen Dorong Kemandirian Petambak

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) TANCAP GAS: Diskan Pamekasan melakukan review daerah Pugar demi semakin maksimalnya pengelolaan hasil garam rakyat.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Dinas Perikanan (Diskan) Pamekasan melakukan review daerah Pengembangan Usaha Garam Rakyat (Pugar).Harapannya, garam yang dihasilkan oleh petambak pada musim berikutnya untuk bisa lebih maksimal.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan kantorDiskan Pamekasan itu, menghadirkan para petambak garam guna memperoleh arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tentang pentingnya kemandirian bagi seorang petambak garam.

Bacaan Lainnya

Pembukaan kegiatan itu dimulai dengan sambutan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskan Pamekasan Bambang Prayogi yang disampaikan melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Pengembangan Kawasan Budidaya Diskan Pamekasan, Muzani.

Dikatakan, tujuan adanya review daerah adalah sebagai bentuk evaluasi terhadap berbagai program yang telah berjalan, atau proyeksi untuk perbaikan ke depan. Yakni untuk lebih baik dalam meningkatkan pengelolaan garam rakyat, sehingga bisa berdampak baik terhadap kesejahteraan para petambak garam.

“Kami melakukan evaluasi terhadap beberapa program, dan menyampaikan informasi terbaru terhadap beberapa program kedepan agar wawasan masyarakat bisa bertambah, supaya kemandirian itu bisa muncul dari kita sendiri,” paparnya, Senin (21/12/2020).

Disampaikan pula, komitmen terus mendorong masyarakat untuk bisa lebih produktif dalam mengelola tambaknya, dilakukan dengan lahan integrasi garam, dan pasca panennya untuk pengelolaan hasil petambak, karenanya langkah ini perlu juga disambut baik petambak garam untuk bisa berinovasi dengan baik.

“Komunikasi dengan masyarakat selama berjalan dengan baik, kalau dulu memang ada kalimat, ah…. saya sejak dulu jadi petani garam, kenapa harus begini-begini, jadi sekarang program pemerintah itu sangat diterima dan sangat diharapkap oleh masyarakat, terutama untuk integrasi lahan garam,”urianya.

Dia juga menjelaskan, program integrasi lahan garam saat ini sudah berjalan dengan yang targetkan oleh Diskan, sehingga berharap rancangan program yang direncanakan oleh kementerian kedepan bisa terus berdampak baik pada petambak garam.Pasalnya selama ini pihaknya sudah melakukan koordinasi, baik melalui berbagai peraturan ataupun cara yang lain yang sesuai dengan tuntunan perundang-undangan yang ada.

“Kedepan harus ada inisiasi dihilir dalam meningkatkan pengelolaan garam, termasuk dengan bersama-sama bisa menginvestasikan garam hasil panennya untuk pembuatan usaha bersama, disamping itu harus ada patungan permodalan dari masing-masing koperasi yang tergabung dalam badan usaha itu yang kedepan bisa wujudkan,”pungkasnya. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *