oleh

Ribuan Nelayan Tidak Kantongi Kartu Kusuka

Kabarmadura.id- SAMPANG -Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sampang mengakui pendataan nelayan penerima kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan (Kusuka) tidak merata. Pasalnya, hanya 780 nelayan yang terdata mendapatkan kartu Kusuka, sedangkan total jumlah nelayan mencapai 15 ribu jiwa.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen-KP) Nomor 39 tahun 2017 tentang kartu Kusuka menyebutkan, semua nelayan, pengolah ikan dan pemasaran, pembudi daya ikan, petambak garam terdata dan mendapatkan kartu tersebut sebagai identitas. Namun di Sampang, baru sebagian nelayan yang terdata mendapatkannya.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap Diskan Sampang Sitty Asiyah yang dikonfirmasi melalui Kasi Perikanan Cholil mengatakan, pendataan penerima kartu Kusuka belum merata, karena masih banyak nelayan terabaikan. Pihaknya berdalih tidak memiliki kewenangan, hanya sebatas koordinasi dengan pemerintah pusat.

”Sampai saat ini nelayan yang terdata menerima masih 780 orang. Namun kartu belum disalurkan kepada penerima karena hingga sekarang kartu belum tercetak,” ucapnya, Rabu (23/1).

Ia menjelaskan, program kartu Kusuka sepenuhnya merupakan kewenangan pemerintah pusat. Menurutnya, Diskan hanya memantau dan memonitoring progres pendataan dan penginputan penerima kartu itu. Sedangka proses pendataan nelayan di sejumlah wilayah dilakukan oleh petugas penyuluh perikanan.

Dikonfirmasi secara terpisah, Petugas Penyuluh Perikanan Kabupaten Sampang Moh Furqon menegaskan, semua nelayan dan petambak yang terdata dan divalidasi sudah bisa memanfaatkan kartu Kusuka, karena sudah mendapatkan nomor registrasi. Hanya saja tinggal menunggu penyerahan kartu.

Fungsi kartu Kusuka adalah sebagai identitas profesi pelaku usaha kelauatan dan perikanan. Disamping itu sebagai basis data dalam memudahkan perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha, pembinaan, pelayanan dan sebagainya, serta sebagai sarana untuk memantau dan evaluasi pelaksanaan program-program pemerintah.

”Kartu ini berfungsi sebagai perlindungan untuk mendapatkan asuransi, identitas dalam mengakses bantuan dari pemerintah. Karena kedepan ini, persyaratan mendapatkan bantuan dan sebagainya harus memegang kartu Kusuka,”pungkasnya. (sub/rei)

Komentar

News Feed