Ribuan UMKM di Sumenep Lumpuh

(FOTO: KM/MOH RAZIN) TIDAK OPTIMAL: Mayoritas usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sumenep hanya sebatas nama tanpa adanya peningkatan usaha.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Ribuan usaha mikro kecil menengah (UMKM) belum produktif. Terutama dalam hal mengembangkan usaha. Kondisi itu merupakan hasil evaluasi dari setiap UMKM. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM dan PP) Sumenep Chainur Rasyid, Minggu (23/1/2022).

Menurutnya, dari jumlah total 1.681 UMKM hanya 400 UMKM yang memiliki produk sendiri. Seperti, usaha makanan, tekstil, aksesoris dan lainnya. Sedangkan sisanya, 1.281 UMKM belum memiliki produk sendiri. Sehingga tahun ini akan fokus pada pembinaan UMKM. Dengan demikian, tidak hanya ratusan UMKM yang memiliki produk sendiri. Akan tetapi semua UMKM.

“Sementata dalam catatan kami, belum sampai 2 ribu UMKM yang aktif. Artinya masih banyak UMKM yang tidak aktif dan hanya ada namanya saja,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya berjanji, dengan adanya beberapa bantuan modal termasuk program bantuan presiden (banpres) akan menjadi evaluasi. Sebab selain banpres, apabila nantinya anggaran cukup akan memberikan tambahan pendanaan. Hal itu sebagai upaya agar lebih banyak UMKM yang aktif.

“Untuk validasi data UMKM yang aktif dan produktif masih terkendala dari sistem pencairan bantuan. Karena selama ini, bantuan yang dicairkan tidak hanya melalui instansi kami. Tahun pertama atau tahun lalu itu tidak bisa terkontrol bantuannya,” paparnya.

Sementara itu Ketua Komisi ll DPRD Sumenep H Subaidi mengatakan, untuk pemberdayaan UMKM tidak harus bersandar pada bantuan pemerintah. Sebab rata-rata, UMKM sudah mempunyai modal. Sehingga yang paling penting branding dan penghargaan dari pemerintah harus lebih ditingkatkan.

“Coba 400 UMKM ini dimaksimalkan, bantu pemasarannya. Kalau sudah ada pasar, maka otomatis akan menjadi inspirasi untuk yang lain,” sarannya.

Reporter: Moh. Razin

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.