Ribuan Vaksin Tahap 3 untuk Nakes di Bangkalan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) OPTIMAL: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menyiapkan ribuan vaksin jenis moderna untuk para nakes.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN  – Vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bangkalan segera terealisasi. Kabarnya, pemkab memperoleh 2.800 dosis vaksin evektif nakes. Sehingga, kuota diharapakan bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh nakes di kota salak. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo, Minggu (15/8/2021).

“Kmi sudah mendapatkan jatah vaksin dosis ketiga untuk para nakes. Vaksin ini, sudah datang beberapa hari lalu,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sebanyak 200 fyle vaksin merk moderna. Dalam satu fyle ada sebanyak 14 dosis efektif yang bisa digunakan untuk para nakes. Sedangkan, untuk penyimpanannya memiliki tingkat yang lebih ketat. Yakni, harus disimpan di bawah suhu rata-rata 17 persen ke bawah.

“Kalau ditotal, ada 2.800 dosis vaksin yang efektif bisa digunakan untuk para nakes. Untuk penyimpanannya, harus lebih hati-hati, suhunya di bawah rata-rata biasanya,” ucapnya.

Pihaknya menegaskan, sudah melakukan percobaan kepada salah satu nakes. Tujuannya, untuk membuktikan bahwa vaksin tersebut aman. Sehingga, nanti bisa dilanjutkan untuk dilakukan di semua puskesmas dan nakes. “Saya sudah coba kemarin dan terbukti aman,” tegasnya.

Pihaknya juga merencanakan, akan segera merealisasikan vaksin tersebut di bulan Agustus 2021. Sebab, mengingat efektifitas vaksin yang juga membutuhkan suhu rendah. “Kemungkinan mulai minggu depan kami sudah mulai lakukan di semua puskesmas dan rumah sakit di Bangkalan,” paparnya.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Bangkalan Subaidi mengatakan, pemberian vaksin dosis ke tiga untuk nakes bisa segera direalisasikan. Namun, dengan cara yang lebih tertutup. Sebab, dikhawatirkan vaksin dosis ke tiga kedengaran oleh masyarakat dengan informasi yang kurang lengkap.

“Tentu nanti akan berdampak pada animo kepercayaan mereka pada vaksin dengan dosis kedua itu. Kalau masyarakat tahu nanti, mereka mengira macam-macam. Apalagi, vaksin ini untuk nakes,” responnya. (hel/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *