Rintis Usaha Kolam Renang dan Wahana Air, Pemdes Bumianyar Tarik Minat Pengunjung


Rintis Usaha Kolam Renang dan Wahana Air, Pemdes Bumianyar Tarik Minat Pengunjung
(HARTONO FOR KM) BARU: Pemdes Buminayar mulai berinovasi mengembangkan unit usaha yang dikelola BUMDes, yaitu dengan membangun usaha kolam renang dan wahana air. 

KABARMADURA.ID | BANGKALAN, TANJUNGBUMI-Badan usaha milik desa (BUMDes) yang dikelola oleh Pemerintah Desa Bumianyar, Kecamatan Tanjung Bumi, dinilai semakin berkembang. Saat ini, BUMDes tersebut mulai merintis usaha wisata kolam renang dan wahana air. 

Terkait hal itu, Kepala Desa Bumianyar Hartono mengatakan bahwa produk usaha yang dikelola oleh BUMDes-nya fokus pengembangan potensi wisata lokal; baik wisata alami atau buatan. 

“Kami memang fokus pada pengelolaan potensi wisata, karena ini yang saat ini memang menjanjikan,” katanya.

Menurut Hartono, banyak keuntungan yang diperoleh dari pengembangan wisata desa. Selain bisa menumbuhkan ekonomi lokal, wisata desa juga bisa menjadi aset desa yang bernilai dan bisa dipromosikan keunikannya. 

  “Selain wisata, ekonomi, dan kemandirian, ini juga bisa membahagiakan masyarakat,” tuturnya.

Sehingga setelah sebelumnya berhasil mengelola wisata Pantai Bumi Anyar, tahun ini BUMDes-nya juga berhasil membuka wisata kolam renang dan wahana air lainnya yang semakin diminati masyarakat. 

“Wisata waterboom atau kolam renang ini menjadi salah satu usaha yang memang banyak diminati oleh masyarakat,” terang dia.

Kemudian, terkait keuntungan yang didapatkan dari pengelolaan wisata desa, digunakan untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan. “Keuntungan ini, selain dikembalikan ke desa, juga diberikan pada masyarakat, pada berbagai kegiatan dan pelayanan,” jelasnya.

Hartono juga merencanakan, setelah berhasil mengelola dua wisata tersebut, akan ada wisata resto dan kafe yang bisa menjadikan tempat nongkrong pemuda dan sekaligus tempat kumpul keluarga.

“Saya percaya, jika desa bisa terus meningkatkan usaha, maka akan semakin maju dan berkembang pula desa dan daerahnya,” terang Hartono.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky