Rizal Andiansyah Resmi Dilantik sebagai Legislator Sampang untuk PAW M. Djaikun


Rizal Andiansyah Resmi Dilantik sebagai Legislator Sampang untuk PAW M. Djaikun
MOMEN SAKRAL: DPRD Sampang resmi melantik PAW anggota dari Partai Golkar, Rabu (28/9/2022).

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang menggelar rapat paripurna pelantikan anggota untuk proses pergantian antar waktu (PAW), Rabu (28/9/2022). Rapat istimewa tersebut dilaksanakan di ruang Graha Paripurna DPRD Sampang.

Anggota DPRD Sampang yang dilantik adalah Rizal Andiansyah. Dia digantikan M. Djaikun dari Partai Golkar karena meninggal dunia. Proses pelantikan tersebut dilakukan setelah DPRD Sampang membahas di internal Badan Musyawarah (Bamus) sesuai tahapan dan ketentuan yang berlaku.

Pelantikan PAW anggota DPRD Sampang itu dihadiri oleh sejumlah pimpinan dan anggota DPRD Sampang, termasuk dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang danbeberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang serta sejumlah tamu lainnya.

Ketua DPRD Sampang Fadol mengatakan, PAW itu dilakukan setelah beberapa waktu lalu ada surat dari DPD Partai Golkar Sampang tentang proses PAW. Setelah itu, pihaknya langsung berkirim surat ke KPU Sampang.

Setelah adanya penetapan dari KPU Sampang, pihaknya bersurat ke gubernur Jawa Timur melalui bupati Sampang untuk segera memproses PAW anggota wakil rakyat tersebut sesuai dengan regulasi dan tahapan yang berlaku.

"Alhamdulillah per 8 September kemarin surat dari gubenur turun, akhirnya kita Banmus menjadwalkan paripurna pelantikan PAW pada hari ini," tutur Fadol saat ditemui awak media usai melantik Rizal Andiansyah sebagai anggota DPRD Sampang.

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu membeberkan, terkait posisi yang bersangkutan pada alat kelengkapan dewan dan komisi tertentu, pihaknya belum bisa memastikan, karena masih menunggu usulan dan surat resmi dari Fraksi Golkar. Karena untuk penempatan anggota itu merupakan haknya partai melalui fraksi di DPRD Sampang

"Prinsipnya kami masih menunggu surat resmi dari Fraksi Golkar untuk penempatan yang bersangkutan ini," ungkapnya.

Harapannya, Rizal dapat meneladani baik dari sisi kinerja dari almarhum Jaikun. Karena selama ini, almarhum Jaikun kinerjanya sangat bagus dan menjadi salah satu tokoh panutan di kalangan legislator Sampang. Almarhum Jaikun juga sudah dua periode menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Sampang V (Kecamatan Karangpenang dan Sokobanah).

"Yang pasti, kami berharap, saudara Rizal ini bisa meneladani Almarhum dan harus bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakyat dengan baik," Harapnya

Sementara itu, Rizal Andiansyah berjanji akan menjalankan tugas dan fungsi sebagai anggota wakil rakyat dengan sungguh sungguh dan berkomitmen untuk bekerja bersama-sama, memperjuangkan aspirasi masyarakat dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait.

"Yang jelas, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan tugas dan fungsi dewan dan siap mengawal aspirasi masyarakat," terang pria kelahiran Sampang, 26 Mei 1983 itu.

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Wawan A. Husna