Rokok Ilegal di Bangkalan Bebas Beredar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) MENUNJUKKAN: Seseorang saat membuka lemari penyimpanan rokok ilegal di kantor Dinas Perdagangan (Disdag) Bangkalan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN  –Peredaran rokok ilegal di sepanjang tahun 2020 bebas beredar. Keberadaan rokok tanpa cukai itu tanpa dilakukan razia. Sehingga tidak jarang di temukan di sejumlah toko dijual bebas tanpa adanya larangan keras dari pemerintah daerah.

Pemilik Toko Nur Amanah, berjualan rokok ilegal baginya merupakan keuntungan yang cukup besar. Sebab, selain mudah didapatkan, peminat rokok ilegal juga dimungkinkan lebih banyak daripada rokok yang memiliki bea cukai. ”Saya beli dari salesnya langsung, dan diantarkan ke toko langsung, harganya jauh lebih murah daripada rokok yang ada bea cukainya,” sebut perempuan 37 tahun itu.

Bacaan Lainnya

Dirinya sebenarnya mengaku sudah mengetahui adanya larangan dan sanksi menjual rokok ilegal. Namun karena terpaksa serta adanya sejumlah pembeli khusus maka pihaknya menyediakan rokok ilegal tersebut.

”Biasanya memang dirampas, tapi tahun 2020 kemarin tidak ada lagi razia semacam itu, mungkin sudah dibebaskan,” paparnya.

Salah satu Staf Bidang Pemantauan Perdagangan Disdag Bangkalan Kirno membenarkan, jika selama tahun 2020 tidak ada giat razia operasi rokok non bea cukai. Sebab pelaksanaan operasi rokok ilegal sudah ada petugas dari kantor cukai.

”Tugas kami hanya memantau dan mengkoordinasikan, sedangkan untuk melakukan razia, itu wewenang kantor bea cukai,” ulasnya.

Kata Kirno, dampak tidak adanya razia nanti akan membuat peredaran dan jenis rokok non bea cukai bakal lebih leluasa dan bebas beredar. Padahal sudah jelas jika tidak ada bea cukai,  selain tidak membayar pajak kandungan nikotinnya juga tidak jelas.

”Memang benar jenisnya sudah sangat banyak, dan harganya memang murah, tapi kan rasa dan efeknya bagi kesehatan juga tidak baik, terutama soal tidak bayar pajaknya,” tutupnya. (km59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *