oleh

Rokok Naik, Disperindag Belum Tentukan Sikap

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, belum mengambil sikap terkait isu kenaikan rokok dan potensi maraknya rokok ilegal.

Kepala bidang (Kabid) Promosi dan Perlindungan Konsumen Cicik Suryaningsih menjelaskan,  pengawasan untuk produk ilegal akan berlangsung seperti biasanya, artinya tidak akan ada peningkatan guna meminimalisir maraknya produk ilegal.

“Kalau masalah kenaikan harga bukan ranah kami, sementara untuk isu kenaikan harga rokok sampai saat ini kan masih belum diberlakukan. Kami menunggu terlebih dahulu untuk meningkatkan pengawasan, soalnya kami rasa itu tidak akan berefek terhadap maraknya produk rokok ilegal,” katanya, Kamis (2/1/2019).

Apalagi Cicik melanjutkan, saat ini keberadaan produk ilegal khususnya di ujung timur Pulau Madura ini sudah mengalami penurunan jumlah dari tahun ke tahun.

Pihaknya juga menganggap dengan aktifnya pengawasan dengan pihak cukai, dampaknya sangat nampak manfaatnya terhadap kesadaran masyarakat, karena selain sosialisasi yang dilakukan oleh pihaknya, keterlibatan pihak cukai dalam kepengawasan lebih ditakuti.

Karena menurutnya, tim yang diluncurkan oleh pihak cukai sendiri lebih mempunyai kebijakan yang luas, termasuk dapat memberikan sanksi berat seperti bisa dilaporkan ke pihak penegak hukum (kepolisian) sementara pihaknya tidak dapat berbuat banyak, termasuk tidak diperkenankan untuk menyita bukti barang-barang atau produk ilegal.

“Kami hanya memberikan peringatan kepada masyarakat, jangan sampai membudayakan produk ilegal, karena bisa masuk penjara nantinya. Kalau kami tidak berhak sampai ke sana, tetapi kalau dari cukai sendiri bisa memasukkan mereka ke penjara,” pungkasnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed