Rp1,3 Miliar Untuk Pembangunan Gedung Dekranasda Rp1,3 M

  • Whatsapp
KM/SUBHAN TAHAP LELANG: Pemkab Sampang tahun ini bakal membangun gedung dekranasda dengan pagu anggaran sebesar Rp,13 miliar.

Kabarmadura.id/Sampang-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalu Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPRKP) setempat tahun ini bakal membangun gedung Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) dengan pagu anggaran mencapai Rp1.3 miliar.

Kepala DPRKP Sampang Abd. Hannan mengatakan, rencana pembanguan gedung dekranasda sudah diajukan ke Barjas untuk dilakukan proses lelang. Gedung dekranasda meliputi, gedung bangunan kantor, jalan dan drainase.

Data yang dihimpun Kabar Madura dari laman LPSE Kabupaten Sampang, kode lelang pembanguan gedung dekranasda yaitu 3236413 dengan nilai pagu anggran Rp1.3 miliar dengan jumlah peserta lelang sebanyak 15 rekanan.

“Tahun ini, kami sudah menyiapkan dana sebesar Rp1,3 miliar untuk pembangunan gedung dekranasda, saat ini sudah memasuki tahap lelang rekanan pelaksananya,”kata Abd. Hannan saat dikonfirmasi, Selasa (16/7).

Ia menjelaskan, gedung dekranasda nantinya akan digunakan sebagai sentral produk unggulan Kabupaten Sampang, seperti batik, camilan dan sebagainya. Sementara untuk proses pembanguan diperkirakan memakan waktu sekitar tiga bulan, sehingga diperkirakan selesai akhir tahun ini.

“Untuk proses pembangunannya, kami targetkan tuntas sebelum tutup tahun anggaran, dan dapat dilakukan pengembangan sesuai kebutuhan,”ungkapnya.

Sambung Hannan, manakala pembangunan gedung dekranasda itu sudah selesai, maka pihaknya akan bekerjasama dengan dinas terkait lain, untuk mengoptimalkan fungsi gedung itu. Utamanya untuk memperkenalkan produk-produk kerajinan daerah.

Sebab, dekranasda tersebut berfungsi menggali, melestarikan dan mengembangkan hasil kerajinan serta melakukan proses membinaan, penemuan dan penggunaan teknologi baru. Selain itu dekranasda ini bertanggung jawab untuk menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan dan mempromosikan produk hasil kerajinan.

“Prinsipnya, jika gedung ini segera selesai akan diperuntukkan sebagaimana mestinya, dan kami berharap keberdaaan dekranasda semakin memajukan kerajinan dan produk unggulan daerah,”tandasnya (sub/rei).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *