oleh

Rp25 Miliar Pembangunan TPA, Volume Sampah di Sumenep Kian Meningkat

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Kesadaran masyarakat di Kabupaten Sumenep, untuk menerapkan pola hidup bersih masih rendah. Kondisi itu, dibuktikan dengan meningkatnya volume sampah per tahun. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep Agus Salam, Rabu (7/4/2021).

Menurutnya, peningkatan volume sampah terhitung sejak tiga tahun. Yakni, di tahun 2018 per hari sampah di daerah kota mencapai kisaran 20 hingga 21 ton yang di buang ke tempat pembuangan akhir (TPA). Di tahun 2019 kian bertambah yakni 22 ton per hari. Kemudian, di tahun 2020 sampah per hari mencapai 23 hingga 26 ton.

“Lambat laun TPA itu, tidak akan muat untuk menampung sampah masyarakat.  Karena, volume sampah terus meningkat,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya sudah mengajukan pembangunan TPA baru. Rencana pembangunan tersebut membutuhkan dana Rp25 miliar. Namun, Meski TPA baru tersebut sudah dibangun, pada akhirnya juga akan penuh kembali. “Artinya, TPA tidak akan pernah memutus rantai sampah masyarakat,” ucapnya.

Sebagai solusi alternatif, Agus Salam merancang sistem daur ulang sampah. Salah satu tujuannya, untuk mengubah sampah menjadi pupuk kompos. Selain itu, akan memfasilitasi pengrajin daur ulang sampah menjadi aksesoris. “Memang masyarakat tidak banyak yang tahu. Tapi, kami upayakan untuk melakukan sosialisasi, dengan edukasi seperti ini, nanti akan bisa mengurangi volume sampah,” optimisnya.

Sementara itu, Aktivis Lingkungan Anisa Busthami, mengatakan kinerja DLH bukan hanya membuang sampah ke TPA. Atau sekedar menyediakan sel sampah. Akan tetapi, juga harus berinovasi agar persampahan di Kabupaten Sumenep bisa terakomodir dengan baik.

“Seluas apapun tempat sampah, pada akhirnya akan penuh. Maka dari itu, yang harus dilakukan DLH ke depan memang harus fokus pada daur ulang sampah. Itu yang harus difasilitasi. Bukan hanya buat rencana TPA baru. karena itu, bukan solusi untuk menekan volume sampah,” responnya. (km62/ito)

Peningkatan Volume Sampah Selama 3 Tahun di Kabupaten Sumenep

  • 2018 20 hingga 21 ton per hari
  • 2019 22 ton per hari
  • 2020 23 hingga 26 ton per hari

Komentar

News Feed