Rp29 M Disiapkan untuk Atasi Kekeringan

  • Whatsapp

Kabarmadura.id-Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan, menyiapkan anggaran senilai Rp29 miliar untuk menangani kekeringan di 80 desa pada 325 dusun yang tersebar di 13 kecamatan.

Kepala DPKP Pamekasan Muharram menyampaikan, alokasi dana Rp29 miliar yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) itu, belum dipetakan titik penempatannya, selain juga dalam tahap survei pihaknya masih melakukan analisis pemetaan di lapangan.

“Kita masih proses survei sekarang, terkait usulan-usulan yang dari masyarakat,” paparnya, Senin (2/3/2020).

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, dalam proses pengecekan lapangan pihaknya akan memastikan potensi airnya, jika kemudian tidak ada, maka akan diusahakan pipanisasi, apabila ada maka akan dilakukan pengeboran untuk memenuhi kebutuhan air di sekitar lokasi yang terdampak kekeringan.

“Kita lakukan yang pertama dengan geolistrik, apabila ada potensi geolistrik kita laksanakan bor, kalau tidak ada kita melalui pipanisasi di daerah terdekat yang ada potensi sumber air,” tuturnya.

Adapun untuk pengerjaan, pihaknya akan mengupayakan pada bulan April hingga bulan Mei tahun 2020, akan dimulai supaya pada musim kemarau yang akan datang bisa menekan potensi kekeringan yang melanda masyarakat Kabupaten Gerbang Salam.

“Bulan April sudah mulai finalisasi dari perencanaan itu semua,” tukasnya.

Sementara itu, Sekertaris Komisi III DPRD Pamekasan Rida’i mengharapkan rencana untuk menekan kekeringan itu, dapat direncanakan dengan baik supaya persoalan kekeringan bisa terselesaikan.

“Kami harapkan perencanaannya harus matang sehingga dampaknya sangat baik,” pungkasnya. (rul/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *