Rp307 Juta Disiapkan untuk Pembangunan Terminal Ketapang

  • Whatsapp
(KM/IST FOR KM) BERTAHAP: Pengerjaan pembangunan terminal di Kacamatan Ketapang, Sampang,  kembali dianggarakan hingga ratusan juta.

Kabarmadura.id/Sampang-Pembangunan terminal Ketapang, Kabupaten Sampang yang diprakarsai oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang, sejatinya sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu. Namun hingga kini, pembangunan terminal yang sudah menelan ratusan juta itu, tak kunjung tuntas. Bahkan, tahun ini pembangunan terminal itu kembali dianggarkan sebesar Rp307 juta.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat Dishub Sampang Chotibul umam. Menurutnya, tahun ini pihaknya berencana akan membangun ruang tunggu penumpang dengan pagu anggaran yang diajukan sebesar Rp307 juta.

“Untuk pembangunan terminal Ketapang ini diperkirakan menelan anggaran mencapai Rp2 miliar,” ucap Chotibul Umam, Minggu (19/1/2020).

Dirinya menjelaskan, pembangunan terminal yang dilaksanakan secara bertahap dimulai sejak 2018 lalu, dan saat ini progres pembangunan baru mencapai sekitar 20-30 persen. Adapun infrastruktur terminal yang telah dibangun, baru jalan, pos, dan tempat pemberhentian bus.

Total anggaran yang sudah dihasbiskan untuk pembangunan infrastruktur tersebut sudah sekitar Rp820 juta. Sedangkan kekurangannya lanjut dia, akan terus dianggarkan pada tahun berikutnya.

Dijelaskannya, Terminal Ketapang tersebut, ditargetkan menjadi terminal type C. Maka pemerintah daerah, harus melengkapai berbagai fasilitas penunjang, meliputi kantor UPT terminal, area drob zone atau penurunan penumpang, pos retribusi dan informasi, wastafel, dan ruang tunggu penumpang, jalur pemberangkatan, jalur keluar kendaraan penumpang, pintu masuk bagi pejalan kaki, dan tempat parkir kendaraan roda dua atau empat yang relatif memadai.

Sambung Chotib, pembangunan Terminal Ketapang tersebut, seyokyanya masih ditargetkan tuntas dan bisa beroperasi pada tahun 2022 mendatang, maka saat ini, pihaknya fokus pada penambahan sarana prasana yang dibutuhkan serta fasilitas tambahan lainnya.

“Selain fasilitas penunjang ini, kami masih perlu menyediakan toilet, musholla, tempat istirahat, kios dan toko, dan juga taman bermain serta lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Sampang H. Abdus Salam berharap, pembangunan Terminal Ketapang bisa berjalan maksimal sesuai harapan. Terlebih, saat ini di wilayah pantai utara (pantura) juga merupakan akses jalan nasional, maka keberadaan terminal yang layak dan bagus sangat ditunggu-tunggu.

Di sisi lain kata dia, keberadaan terminal di wilayah itu, juga bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari jasa retribusi, serta mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

“Terminal ini, sangat diharapkan oleh masyarakat dan bisa menambah PAD, makanya kami harap pembangunannya bisa segera tuntas dan beroprasi,” singkatnya. (sub/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *