Rp51 Juta, Program Sanitasi Hanya Tersebar di 17 Desa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) TIDAK MERATA : Pengembangan pembangunan khusus sanitasi tidak menyeluruh.

Kabarmadura.id/Sumenep-Pembangunan sanitasi yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 hanya mencakup 17 desa di 9 Kecamatan. Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPRKP dan CK) Sumenep Benny Irawan mengatakan, 9 kecamatan itu yakni di Kecamatan Gayam, Bluto, Saronggi, Lenteng, Ganding, Dasuk, Rubaru, Gili Genting, dan Kecamatan Dungkek.

Adapun desa-desa yang mendapatkan bantuan adalah Desa Jambuir, Nyamplong, Pakandangan Tengah, Pakandangan Sangra, Muangan, Banaresep, Lembung Timur, Tarogan,Ellak Daya, Bilapora Barat, Bilapora Timur, Ketawang Karay, Batu Belah Timur, Banasareh, Bun Barat, Gedugan, dan Desa Dungkek.

Bacaan Lainnya

“Saat ini masih tahap sosialisasi dan akhir tahun 2020 diharapkan selesai dikerjakan,” paparnya.

Jumlah total anggaran yang akan disediakan adalah Rp51.552.500, yang mana masing-masing desa mendapatkan Rp3.032.500. Uang tersebut untuk pembangunan WC serta kamar mandi.

Menurutnya, setelah bangunan selesai, maka akan dikembalikan ke pemerintah daerah dan pemerintah daerah mengembalikan asetnya kepada masyarakat untuk segera dimanfaatkan. Yang nantinya akan memanfaatkan adalah kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP)

Sementara itu, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep mengusulkan DAK Bidang Air Minum dengan jenis usulan DAK Reguler, Afirmasi dan Penugasan sesuai dengan lokasi prioritas yang sudah ditetapkan oleh kementerian.

Adapun proses tindaklanjut usulan DAK tersebut akan disinkronisasikan kembali sesuai dengan waktu yang akan ditetapkan oleh kementerian terkait setelah proses verifikasi selesai dilaksanakan.

“Ini tentunya harus dilaksanakan sebagaimana mestinya untuk kesejahteraan masyarakat,” paparnya. (imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *