Rp5,3 M BOS Afkin di Sumenep Cair

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) PROSEDURAL: Sebanyak 86 sekolah penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan Kinerja (Afkin) wajib tepat sasaran

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan Kinerja (Afkin) sudah masuk ke rekening sekolah. Bahkan, Dinas Pendidikan (Disdik) merekomendasikan agar dana tersebut dicairkan. Sebab, surat pertanggung jawaban (SPJ) sebelumnya sudah bisa dipertanggungjawabkan. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Disdik Sumenep Mohammad Saidi, Selasa (21/9/2021).

Menurutnya, terdapat 86 sekolah penerima BOS Afkin. Rinciannya, sebanyak 37 sekolah mendapatkan BOS Afirmasi dan 49 sekolah sebagai penerima BOS Kinerja. Sedangkan, besaran setiap dana BOS cukup bervariasi. Khusus BOS Kinerja untuk sekolah dasar Rp70 juta, sekolah menengah pertama Rp100 juta dan Rp60 juta untuk BOS Kinerja mutu baik.

“Kalau BOS Afirmasi ini sama, setiap sekolah akan mendapatkan Rp40 juta. Sedangkan jumlah BOS Afkin keseluruhan mencapai Rp5.350.000.000.  Semua sekolah sudah bisa mengambil dana ini. Kami akan terus lakukan dan koordinasi intens terhadap 86 sekolah penerima BOS Afkin ini,” ujarnya.

Kepala SMP Negeri 2 Sumenep Nanik Mujiati membenarkan, BOS Afkin sudah bisa dicairkan. Dana tersebut, akan dimanfaatkan untuk sarana dan prasarana (sarpras) sekolah melalui prinsip manajemen berbasis sekolah. Yakni, kewenangan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan program sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

“Jadi perencanaan mengacu pada hasil evaluasi dari sekolah. Karena sekolah memiliki kewenangan untuk menentukan penggunaan BOS Afkin sesuai dengan prioritas kebutuhan sekolah. Tapi tetap memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan seperti BOS Reguler,” jelasnya.

Dia memaparkan, penggunaan BOS Afkin juga bisa untuk kepentingan peningkatan layanan pendidikan di sekolah sesuai komponen penggunaan dan sudah didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersama antara tim BOS sekolah, guru, dan komite sekolah. “Kami mendapatkan Rp100 juta untuk BOS Kinerja,” paparnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Sumenep M. Syukri menyarankan, agar dinas terkait pro aktif memantau pemanfaatan dari program tersebut. Terutama  mengenai peruntukannya, wajib sesuai petunjuk dan teknis (juknis). Misalnya, untuk peralatan sekolah serta sarana dan prasarana sekolah. “Jika tidak dipantau secara intens akan berakibat fatal,” sarannya.

Jumlah Sekolah Penerima BOS Afkin

  • 37 sekolah BOS Afirmasi
    • 6 SMP Swasta
    • 1 SMP Negeri
    • 25 SD Negeri
    • 5 SD Swasta
  • 49 sekolah BOS Kinerja
    • 29 SD Negeri
    • 12 SMP Negeri
    • 4 SMP Swasta
    • 4 sekolah BOS Kinerja mutu baik

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *