oleh

Rp800 Miliar untuk Infrastruktur Kepulauan

Kabarmadura.id/SUMENEP – Tahun ini, pemerintah kabupaten (Pemkab) Sumenep memprioritaskan pembangunan infrastruktur daerah kepulauan. Sedikitnya Rp800 miliar disediakan untuk membenahi infrastruktur di daerah kepulauan.

Kabid Pembangunan dan Peningkatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sumenep menjelaskan, ada beberapa titik yang sudah ditargetkan pembangunan infrastruktur, salah satunya di Kepulauan Kangean (Kecamatan Arjasa dan Kangayan), Sapeken, Raas, Nonggunong, Gayam, dan Kecamtan Gili Genting.

“Dari berapa jumlah yang telah kami sebut tadi, itu saat ini masih dalam tahap perencanaan, tetapi yang masih belum mendapat anggaran adalah Masalembu,”jelasnya.

Alokasi dana untuk pembangunan Infrastruktur sebesar itu, akan  diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019.

“Saat ini kalau kita bandingkan memang jauh lebih besar anggarannya di kepulauan dari pada di daratan,” ujarnya.

Walaupun tidak semuanya pembangunan baru, namun sebagian di antaranya merupakan kelanjutan dari proyek infrastruktur yang tidak selesai tahun 2018. Hal ini karena jalan yang dikerjakan sangat panjang.

“Jalan yang ada di kepualauan memang agak panjang-panjang sehinga agak lumayan lama selesainya,”paparnya.

Proses pelaksanaan infrasutruktur di kepulauan, belum bisa dipastikan akan teraspal semua, tapi butuh tahapan-tahapan untuk menyesuaikan dengan anggaran yang telah ditetapkan.

“Kalau langsung dalam satu kali selesai dalam satu tahun semua kepulauan selesai semua. Kita kan tidak mungkin itu terjadi, dari mana anggarannya, kepulauan Sumenep kan sangat banyak. Jadi, kita lakukan secara bertahap saja,”ungkapnya. (mun/pai)

Komentar

News Feed