oleh

RPH Tidak Berfungsi, Potong Hewan di Sembarang Tempat

Kabarmadura.id/SAMPANG – Kelayakan daging sapi di Kabupaten Sampang perlu dipertanyakan. Pasalnya, selama ini masih banyak ditemukan penyembelihan hewan tidak dilakukan di rumah potong hewan (RPH) selama ini.

Pantauan Kabar Madura di beberapa lokasi RPH kondisinya memperihatinkan. Di beberapa gedung nyaris tidak ada aktifitas, seperti RPH di Jalan Trunojoyo. Pintu pagar gedung terkunci rapat dan tidak digunakan untuk penyembelihan.

Kondisi tersebut juga terjadi di RPH Kecamatan Torjun. di lokasi tersebut tidak pernah ada penyembelihan selama ini. Sementara jumlah tempat pemotongan hewan tersebar di lima kecamatan. Di antaranya, di Kecamatan Sampang, Tambelangan, Torjun, Omben dan Ketapang.

Suryani, 39, salah satu pedagang daging sapi mengungkapkan, jika selama ini penyembelihan sapi dilakukan bisa dimanapun. Alasannya, karena lokasi RPH yang sulit terjangkau, juga lokasi yang tidak strategis bisa memakan biaya lebih banyak.

”Contohnya disini. Pasar hewannya di Desa Aeng Sareh. Sementara RPH nya di perkotaan. Kita ke lokasi penyembelihan kan butuh biaya,” ucapnya.

Dia menambahkan, jika selama ini pelayanan di RPH tidak maksimal. Terkadang sapi dibawa ke lokasi penyembelihan masih antri. Bahkan di lokasi tidak ada petugas yang memeriksa hewan.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, Suyono tidak mengelak jika banyak RPH yang tidak produktif pemanfaatannya. Alasannya karena minat masyarakat rendah. ”Memang benar tidak efektif. Dari lima lokasi hanya beberapa yang masih aktif melakukan penyembelihan,” ungkapnya.

Suyono menambahkan, RPH tidak difungsikan karena sebagian masyarakat tidak ingin mengantri dalam proses penyembelihan. Sehingga mereka memilih di rumah masing-masing. Selain itu dia mengakui jika ada beberapa RPH yang tidak efektif lokasinya. Sehingga banyak jagal yang tidak menyembelih hewannya di RPH.

Dikatakan, jika nanti ada ada anggaran pembangunan RPH, pihaknya akan melakukan evaluasi, terutama  lokasi yang akan dibangun RPH. Sehingga penyembelihan hewan tetap terpantau.”Kondisi sapi tetap kita periksa. Petugas kami mendatangi penyembelihan di TPH untuk melakukan pemeriksaan,” jelasnya. (KM54/mam)

 

 

 

Komentar

News Feed