RSUD dr. Moh. Zyn Sampang Incar sebagai RS Rujukan se-Madura

(FOTO : KM/FATHOR RAHMAN) BERTAHAP: Rencana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moh. Zyn Sampang akan dijadikan sebagai RS rujukan se-Madura  membutuhkan waktu yang cukup lama.

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moh. Zyn Sampang, untuk dijadikan sebagai rumah sakit (RS) rujukan se-Madura sepertinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab hingga saat ini, status RS tersebut masih tipe C. Sedangkan untuk menjadikan RS sebagai rujukan se-Madura harus berstatus tipe A.  Sedangkan untuk beralih status ke tipe A, harus melalui status tipe B terlebih dulu.

“Ya betul, karena akreditasi merupakan unsur utama yang harus dipenuhi secara bertahap. Jadi dari tipe C ke status tipe A jelas tidak bisa. Harus terlebih dulu menempuh status tipe B untuk menuju ke status tipe A,” ujar Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Sampang Abdullah Najich, Kamis (10/2/2022).

Menurutnya, semua persyaratan akreditasi RS sudah dipersiapkan. Bahkan saat ini, semua persyaratan tersebut sudah selesai. Sebab pihak RS sudah melakukan persiapan sejak tahun lalu. Sehingga semua persyaratan yang dibutuhkan bisa terpenuhi dengan cepat. Selanjutnya, menunggu hasil akreditasi yang sudah diajukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Bacaan Lainnya

“Salah satu syaratnya ketersediaan kamar pasien sebanyak 200 ruang. Fasilitas itu sudah terpenuhi dengan adanya pembangunan sejak tiga tahun terakhir,” ucapnya.

Dia menambahkan, jika memang sudah terakreditasi dengan status tipe B, maka tinggal selangkah lagi menuju tipe A. Sehingga bisa menjadi rumah sakit rujukan di Madura. Sebab sampai saat ini, belum ada rumah sakit dengan tipe A di Madura. Sedangkan persyaratan lainnya, RS tersebut harus meningkatkan fasilitas.

“Hanya saja sampai saat ini, masih proses peralihan ke status tipe B. Bahkan untuk lokasinya, pemerintah berencana merelokasi RS ke Desa Pangongsean, Kecamatan torjun. Karena luasan lahan untuk membangun RS rujukan juga harus terpenuhi,” tegasnya.

Persyaratan Menuju RS Rujukan se-Madura

  • Peningkatan status akreditasi secara bertahap
    • Dari status C
    • Menuju status B
    • Hingga status A
  • Sarpras
    • Harus tersedia 200 kamar
    • Luas RS harus terpenuhi

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.