RSUD Moh. Anwar Matangkan Persiapan Menuju Akreditasi Bintang 5


RSUD Moh. Anwar Matangkan Persiapan Menuju Akreditasi Bintang 5
(Erliyati for KM) Erliyati: Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Menghadapi akreditasi, kerja keras para petugas dan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep tidak pernah kendor. Proses persiapannya sudah hampir selesai. Termasuk rapat internal mulai dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Hal tersebut diungkapkan Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Erliyati. Pelaksanaan akreditasi tinggal sepekan lagi, rapat internal persiapan akreditasi sudah dilakukan bersama bupati Sumenep.

RSUD Sumenep sudah siap menjelang akreditasi, ini lagi menyiapkan kekurangan yang belum. Hanya sedikit kok, semuanya kami sudah siap," katanya, Selasa (18/10/2022).

Dia mengatakan, pelaksanaan akreditasi akan dilaksanakan pada Selasa (25/10/2022), Kamis (27/10/2022), dan Jum'at (28/10/2022). Penilaiannya mengenai elemen dari semua komponen akreditasi.

"Harapan kami,akreditasi bisa berjalan lancar, teman-RSUD dr. H. Moh. Anwar sehat semua. Sehingga sukses dengan hasil bintang 5, yakni paripurna dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga akan terstandarisasi dan semakin baik," tegas Erliyati.

Demi suksesnya akreditasi, persiapan itu dilakukan siang dan malam tanpa henti. Sebab, bagi Erliyati, kesuksesan itu dibuktikan dari persiapan-persiapan serta usaha yang cukup.

Dipaparkan wanita dengan sapaan Erli itu, hasil akreditasi itu dapat menentukan pelayanan di RSUD sesuai dengan SOP. Bahkan dengan terakreditasi, nantinya akan berdampak kepada kemajuan RSUD Sumenep.

Diketahui, akreditasi rumah sakit merupakan suatu proses di mana suatu lembaga yang independen melakukan asesmen terhadap rumah sakit dengan tujuan untuk menentukan apakah rumah sakit tersebut memenuhi standar keselamatan dan mutu pelayanan atau tidak.

Pada 2019 lalu, kategori hasil akreditasi RSUD dr. H. Moh. Anwar adalah utama, tahun 2022 diharapkan meningkat menjadi paripurna.

Pada 2017 lalu, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep sebenarnya telah berhasil melaksanakan survei akreditasi rumah sakit versi 2012 dan meraih hasil yang membanggakan, yaitu lulus dengan predikat paripurna.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna