oleh

RSUD Moh Anwar Sumenep Siaga Tangkis Covid-19

Kabarmadura.id/Sumenep-Selain membentuk tim khusus, sebagai wujud kesigapan dalam layanan kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moh Anwar Sumenep juga melakukan penyemprotan sebagai antisipasi pencegahan menyebarnya virus corona atau Covid-19.

Kegiatan itu merupakan pelaksanaan Surat Edaran (SE) Pemerintah Jawa Timur (Jatim), sehingga RSUD Moh Anwar tetap memaksimalkan pelayanan dan fasilitas yang ada.

Sebagaimana disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moh Anwar (MA) Sumenep Erliyati, sikap kepedulian untuk mencegah mewabahnya Covid-19 itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tidak perlu menunggu ada yang positif corona, kami harus sigap. Kemarin saya dengan pak sekda meninjau langsung ke pelabuhan di Kalianget itu, karena di sana kan ada orang Bangladesh yang akan ke pulau.  Kami kroscek dulu, apakah bersih dari covid-19, ternyata aman masih, intinya masyarakat jangan panik tapi harus waspada,” katanya, Senin (16/3/2020).

Mengenai antisipasi lainnya, pihaknya sudah membentuk tim khusus yang bertugas menangani virus tersebut. Tim itu terstruktur, Direktur RSUD MA Sumenep Erliyati selaku pembinanya.

Sedakan Andri Dwi Wahyuni didaulat menjadi ketua tim dengan didampingi sejumlah tenaga medis yang secara khusus disiapkan untuk menangani kasus virus corona.

Selain itu, juga menyediakan ruang isolasi yang aksesnya mudah menerima dan merujuk pasien. Jika pasien kedapatan terjangkit Covid-19, maka pihaknya akan merujuk ke rumah sakit khusus rujukan. Tetapi jika tidak berkenan, maka akan dilakukan upaya perawatan semaksimal mungkin dengan fasilitas yang ada.

“Jadi rumah sakit Sumanep dalam kesiapsiagaan Covid-19, saya sudah membentuk tim kewaspadaan yang diketuai oleh dr. Andre, kami juga menyediakan APB sesuai kebutuhan, selanjutnya kami menyediakan SDM-SDM-nya,” imbuhnya.

Sebagai lanjutan dari pembentukan tim, dalam rangkaian kewaspadaan terhadap Covid-19, pihaknya melakukan penyemprotan di tempat atau fasilitas umum. Untuk mensterilisasi tempat tersebut, agar bisa terjamin dan yang paling urgen adalah aman dari wabah corona.

Lokasi itu di antaranya di area RSUD MA, pusat pelayanan terpadu yang memang sering dikunjungi oleh masyarakat, seperti di mall pelayanan publik (MPP) yang masyarakat dari latar belakang yang berbeda berkumpul dalam satu ruangan.

“Misalnya di RSUD sendiri, selain banyak orang yang sakit dirawat, juga banyak keluarganya yang menunggui, sehingga sangat perlu dilakukan penyemprotan dengan disinfektan lingkungan sehingga kesehatan masyarakat terjamin,” paparnya.

Dia juga mengimbau masyarakat Sumenep agar tetap bersikap tenang dan tidak panik terhadap wabah Covid-19 ini.

“Yang terpenting tetap ikhtiar dengan memperbanyak berdoa dan memelihara kebiasaan bersih di setiap saat,” pungkasnya. (ara/waw)

 

Komentar

News Feed