oleh

RSUD Pamekasan Sangkal Klaim Pasien Covid-19 yang Mengaku Telah Sembuh

Kabarmadura.id/Pamekasan–Setelah Bertambahnya pasien terkonfirmasi terinfeksi Coronavirus Diseas (Covid-19) menjadi lima orang di Kabupaten Pamekasan, sempat beredar informasi bahwa salah satu pasien berinisial F dinyatakan bersih dari infeksi (Covid-19).

Informasi tersebut, pasien yang dirawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan ini telah melalui hasil uji swab lanjutan dan dinyatakan dirinya bersih dari Covid-19.

Kabar tersebut, disampaikan F melalui status akun facebook pribadinya, di statusnya ia menjelaskan bahwa dirinya bersyukur karena telah dinyatakan bersih dari Covid-19 setelah empat hari diisolasi di RSUD Smart bersamatiga pasien terinfeksi Covid-19 lainnya.

“Dan akhirnya Allah menjawab semua doa para orang tua, saudara, guru-guru, teman-teman, tetangga dekat dan family sehingga hari ini saya dinyatakan hasil swab negatif,” tulisnya di beranda facebook.

Sementara itu, Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 RSUD Smart Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat menyangkal kabar tersebut, ia menjelaskan bahwa kabar tersebut bermula dari F yang terus menerus menanyakan hasil pemeriksaan dirinya.

Bahkan menurutnya, setiap hari dan hampir setiap waktu, F menanyakan pertanyaan yang sama kepada Syaiful, sementara hasil swab F belum keluar. Pada akhirnya, Syaiful memberikan jawaban kepada F bahwa lumrahnya, jika F sudah diisolasi selama lima hari dan tidak ada konfirmasi dari Balitbangkes Kemenkes, maka berarti dirinya negatif atau bersih dari Covid-19.

Meski begitu, Syaiful mengaku tidak bermaksud untuk mengabarkan bahwa F telah dinyatakan bersih dari Covid-19. Sebab harus tetap mengacu kepada hasil pemeriksaan medis. Akan tetapi, jelas Syaiful, F berkesimpulan sendiri bahwa dirinya telah lima hari diisolasi, sementara sampai saat itu ia belum menerima informasi perkembangannya, di situlah ia berkesimpulan bahwa dirinya bersih dari Covid-19.

“Itu karena dia terus nanya hasil lab, padahal sudah saya bilang kalau hasil lab belum keluar, dan jika sudah keluar pasti akan dikabari. Di situ saya bilang bahwa kalau sudah empat sampai lima hari diisolasi dan tidak ada informasi dari pusat, sementara kondisi tubuhnya baik, maka berarti negatif,” ungkapnya. (ali/bri/waw)

 

Komentar

News Feed