oleh

RSUD Pamekasan Tidak Siapkan Ruangan Khusus Caleg Stres

Kabarmadura.id/PAMEKASAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan tidak menyiapkan layananan ruangan khusus untuk calon legislatif (caleg) yang tidak terpilih pada 17 April mendatang.

Upaya pelayanan yang akan dilakukan oleh pihak RSUD Pamekasan untuk caleg sebatas rawat jalan sedangkan pelayan rawat inap tidak disediakan.

Oleh karenanya,  pelayanan akan disamakan seperti pasien yang berobat ke RSUD Pamekasan pada umumnya. Jika nanti terpaksa ada caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akan diberikan surat rujukan ke rumah sakit yang di Surabaya.

“Tergantung pada kasusnya, kalo ada  kasus gaduh gelisah itu ke Surabaya” kata Dr. Mazhar sebagai Wakil Direksi (Wadir) Medik RSUD Pamekasan.

Namun sejauh ini masih belum ada caleg yang konsultasi terkait kejiwaannya ke RSUD Pamekasan, sehingga masih belum ada pelayanan khusus yang pernah ditangani oleh pihak rumah sakit.

Mengenai anggaran khusus untuk caleg yang stres juga tidak ada karena pihak RSUD menganggap hal itu sudah bisa terakomodir oleh anggaran yang dianggarkan khusus untuk Poli Jiwa periode tahun ini.

“Anggaran kan sudah ada sesuai dengan anggaran tahunan kita,” ungkapnya. Namun setelah ditanya lebih lanjut rincian anggarannya, pihak rumah sakit enggan menjawab.

“Yang tahu bagian pengadaan berapa, yang pasti mereka sudah ada peruntukannya,” terangnya.

Menurut Dr. Nur Faidah Utami salah seorang dokter di Poli Jiwa RSUD Pamekasan, stres adalah kondisi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. “Kondisi kejiwaan ketika kita mendapati harapan tidak sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Mengenai indikasinya, ada tiga tanda-tanda orang stres, yakni terjadi perubahan tingkah laku;  perubahan sikap; dan perubahan perasaan. Nanti ada proses screening, jika benar gejalanya demikan maka harus segera ditangani lebih lanjut. (km47/pai)

Komentar

News Feed