RSUD SMart Diminta Tambah Ruang Isolasi, Puskesmas Penyangga Ditarget Awal Agustus

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ZUBAIDI) TEGAS: Legislatif minta Pemkab Pamekasan siapkan rumah sakit penyangga pasien Covid-19.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Khairul Umam meminta, pemerintah setempat menambah ruang isolasi untuk pasien Covid-19.

Permintaan tersebut disebabkan ruang isolasi di rumah sakit rujukan yang ada di Bumi Gerbang Salam seperti RSUD Smart, RSUD Moh. Noer, dan RSUD Waru sudah penuh. Sehingga ia menyarankan agar rumah sakit swasta juga menyediakan tempat ruang isolasi seperti tempat tidur dan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Beberapa rumah sakit swasta sudah kita datangi, ada yang sudah siap seperti Rumah Sakit Asyifa lainnya masih belum siap,” terang Khairul Umam, Rabu (28/7/2021).

Selain itu, Ketua Fraksi Partai PKB itu juga mengimbau Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan untuk memetakan puskesmas di beberapa kecamatan untuk ditunjuk sebagai rumah isolasi bagi pasien Covid-19.

Karena menurutnya, puskesmas merupakan tempat yang paling pas untuk dijadikan rumah sakit penyangga. Menurutnya, fasilitas tenaga kesehatan juga harusnya lebih dioptimalkan. Sehingga nantinya penanganan bisa semakin cepat.

“karena kita khawatir ada lonjakan kasus positif Covid-19 seperti kemarin,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, setiap kecamatan seharusnya menunjuk satu puskesmas untuk dijadikan tempat isolasi bagi pasien Covid-19. Sehingga nantinya warga yang terpapar Covid-19 tidak langsung dirujuk ke Rumah Sakit Smart agar antrian tidak membludak.

Ia juga menginginkan pada awal Agustus, rumah sakit penyangga pasien Covid-19 tersebut sudah siap. Sehingga penanganan terhadap pasien Covid-19 cepat ditangani dengan optimal.

“ Saya harap, 1 Agustus ini puskesmas-puskesmas penyangga ini sudah beroperasi. Karena khawatir ada lonjakan kasus Covid-19 lagi,” tutupnya. (bai/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *