RSUD Syamrabu Batasi 100 Sampel Swab PCR per Hari

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) MENUNGGU HASIL: Hasil swab PCR yang dikirim atau diperiksa di laboratorium RSUD Syamrabu Bangkalan tidak bisa lebih dari 100 sampel.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Kendati memiliki laboratorium pemeriksa swab polymerase chain reaction (PCR), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamrabu Bangkalan tidak bisa memeriksa semua sampel yang dikirim. Hasil swab PCR yang dikirim atau diperiksa tidak boleh lebih dari 100 sampel.

“Kami hanya dibatasi 100 sampel hasil pemeriksaan Swab PCR dari Puskesmas,” jawabnya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo saat ditanya realisasi kepemilikan laboratorium pemeriksa di RSUD Syamrabu, Rabu (21/7/2021).

Bacaan Lainnya

Mengantisipasi puskesmas yang mengirim lebih dari 100 sampel, Dinkes Bangkalan telah berkoordinasi dengan rumah sakit untuk dikirim ke laboratorium pemeriksa di Surabaya. Sebab, sudah diimbau agar layanan kesehatan untuk mengirim sampel hasil pemeriksaan swab PCR sebanyak mungkin.

Dinkes tidak membatasi jumlah pengiriman sampel swab PCR. Selain itu, meski kasus turun, tetap diinstruksikan untuk melakukan pelacakan lebih lanjut.

Dengan banyaknya sampel yang dikirim, pria dengan sapaan Yoyok ini berharap, Bangkalan tidak menjadi zona merah atau resiko tinggi. Sebab, salah satu indikator wabah Covid-19 tersebut, harus ada 2000 spesimen. Dia berharap, kasus akan melandai dan masyarakat untuk tidak takut diswab.

“Masyarakat harus giat untuk mau divaksin, sehingga herd immunity benar-benar bisa terbentuk di masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan dr Nunuk Kristiani tidak banyak menjelaskan mengenai kemampuan memeriksa sampel, dia hanya menerangkan bahwa proses pemeriksaan satu sampel atau spesimen di laboratorium milik rumah sakitnya itu paling cepat bisa menghabiskan waktu 8 jam.

“Rata-raya sehari, besoknya sudah ada hasil,” tandasnya tanpa tidak menjawab berapa spesimen dalam sehari yang dia terima. (ina/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *