oleh

Ruang Isolasi RSUD Pamekasan Penuh, Satu PDP Diisolasi di RS Provinsi

Kabarmadura.id/Pamekasan–Satu pasien dalam pengawasan (PDP) asal Pademawu dirujuk oleh Puskesmas Pademawu ke Rumah Sakit Umum (RSU) Mohammad Noer Pamekasan untuk menjalani perawatan isolasi karena mengalami gejala demam, sesak nafas dan juga batuk.Kepastian adanya pasien yang harus jalani perawatan isolasi tersebut, disampaikan oleh ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan, Syaiful Hidayat.

Menurutnya, sebelum pasien tersebut dirujuk ke RSU Mohammad Noer, pihak Puskesmas Pademawu sempat menghubungi pihaknya untuk dilakukan perawatan di RSUD Smart, akan tetapi karena kapasitas ruang isolasi serta bed yang tersedia di RSUD Smart sudah penuh.

Dari enam ruang dan enam bed yang tersedia, semuanya sedang ditempati pasien. Yaitu 4 pasien yang terinfeksi dan dua pasien lainnya berstatus PDP dan ODP namun harus dilakukan perawatan isolasi.

Pasien yang menjalani perawatan isolasi di RSU Moh Noer, ulas Syaiful berjenis kelamin laki-laki berusia 26 tahun dengan inisial HAP. Pemuda tersebut diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Kota Batu pada tanggal 20 April 2020.

Pada 21 April 2020, mengalami derita demam, batuk, sesak nafas dan lemas, kemudian HAP dirujuk ke RSU Mohammad Noer pada sekira pukul 14.00 WIB.

“Pasien itu tidak dirawat di RSUD Smart, dia dirawat di RSU Mohammad Noer, karena disini kapasitas sudah penuh. Disini hanya tersedia enam ruang isolasi dan enam bed, jadi dirujuk ke RSU Mohammad Noer,” jelasnya.

Dikonfirmasi melalui layanan Call Center Tim Krisis Covid-19, pihak RSU Mohammad Noer membenarkan bahwa ada pasien yang dirawat isolasi. Pasien tersebut adalah pasien rujukan dari puskesmas Pademawu sebagaimana digambarkan Syaiful Hidayat.

“Benar, ada satu pasien PDP saat ini dirawat di ruang isolasi, rujukan dari Puskesmas Pademawu, mulai MRS tanggal 21 April 2020 datang siang hari, dia lemas dan demam, dengan riwayat perjalanan dari daerah zona merah. Kondisinya sekarang stabil dan sudah tidak demam,” jawab Call Center Tim Krisi Covid-19 RSU Mohammad Noer.

Di RSU Mohammad Noer yang juga dikenal dengan Rumah Sakit Paru, juga terdapat ruang perawatan isolasi dengan kapasitas enang orang. Namun, fasilitas ruang isolasi tersebut sebagaimana disampaikan pihak RSU Mohammad Noer tanpa ventilator. (ali/bri)

Komentar

News Feed