Rutin Baca Burdah, Ikhtiar Langit KBS Tangkal Covid-19

(FOTO: TAUFIK for KM) KOMPAK: Komunitas Burdah Sumenep menjadi ajang untuk silaturahmi antarwarga dan wadah untuk berdoa bersama.

KABARMADURA.ID | Dalam menghadapi Covid-19 yang masih mewabah, sebagian warga di Sumenep tidak hanya mengikuti vaksinasi dan mematuhi protokol kesehatan. Namun juga aktif berdoa melalui agenda rutin Komunitas Burdah Sumenep (KBS). Tujuannya agar diberikan perlindungan dan kesehatan.

MOHAMMAD RAZIN, SUMENEP

KBS sendiri merupakan sebuah wadah yang mulai disemarakkan oleh masyarakat timur daya Sumenep meliputi Kecamatan Batang-Batang, Gapura, Dasuk, dan sekitarnya. Para anggotanya  juga menyebut komunitas tersebut dengan nama Kompolan Tera’ Tarkataran. Aktivitasnya dilakukan rutin setiap bulan.

Bacaan Lainnya

Disebut Tera’ Tarkataran karena mengandung makna perkumpulan tersebut diharapkan menjadi penerang bagi hidup seluruh anggota secara khusus dan warga Sumenep secara umum. .

“Perkumpulan ini tidak ada buku yang menuliskan nama-nama anggota. Siapa saja boleh bergabung. Bacaannya bisa salawat Burdah, bisa tahlil, dan bacaan lain yang bernilai istighosah,” kata Taufik Hidayat, salah satu anggota KBS.

Uniknya lagi, KBS memiliki markas yang tetap. Namun selalu berpindah-pindah di lembaga pendidikan, asta, dan lain sebagainya. Inti perkumpulan tersebut sebenarnya sebagai ikhtiar untuk mendapatkan syafaat dari Baginda Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, komunitas tersebut terbuka bagi siapa saja, tanpa ada batasan usia dan status sosial. KBS juga sering mengadakan santunan kepada anak yatim di sela-sela kegiatan rutin.

“Forum ini terus melebar ke sisi pesisir pantai utara. Sehingga lebih banyak menjalin persaudaraan, sebagai ajang membangun jaringan bersilaturahmi,” imbuh Hidayat.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.