oleh

Rutin Patroli Cegah Nelayan Gunakan Trawl

KABARMADURA.ID, Bangkalan – Perairan di Bangkalan sering dimasuki nelayan luar Bangkalan. Biasanya nelayan ini berasal dari Lamongan dan Gresik. Dimana mereka biasanya menggunakan trawl untuk melaut. Bahkan nelayan-nelayan ini sering bentrok dengan nelayan asli Bangkalan akibat penggunaan trawl.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bangkalan rutin melakukan patroli. Hal tersebut terlihat pada Selasa (10/11/2020), mereka menyisir perairan Bangkalan yang berbatasan langsung dengan Gresik.

Kepala Satpolair AKP Ludwi Yarsa Pranomo menyampaikan, hasil patroli tersebut masih ditemukan nelayan dari Gresik yang menggunakan trawl. Namun, untungnya nelayan tersebut katanya tidak sampai masuk perairan Bangkalan.

“Kemarin kami sudah lakukan patroli prioritas. Jadi patroli prioritas itu berangkat mengantisipasi adanya penangkapan ikan menggunakan jaring trawl yang saat ini lagi maraknya jaring trawl,” ujarnya, Rabu (11/11/2020).

Dia menjelaskan, selama menemui kapal yang masih menggunakan trawl itu, para nelayan tidak sampai menurunkan atau menggunakannya. Menemukan hal itu, pihaknya segera menghalau dan mengusir agar tidak masuk ke wilayah perairan Bangkalan.

Lokasi patroli sendiri, pihaknya melakukannya secara khusus pada wilayah di sepanjang perairan Bangkalan. Khususnya patroli dilakukan perbatasan perairan Bangkalan. Selama patroli sendiri pihaknya juga menggunakan GPS.

“Kemarin kami menerjunkan 5 orang dengan kapal Polairud Bangkalan mulai jam 8 pagi hingga jam setengah 2 siang. Kami mulai pagi,” jelasnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin. Katanya, memang dengan dukungan operasional yang ada. Dalam satu bulan pihaknya bisa melakukan patroli setiap hari. Namun, untuk jamnya sendiri tidak menentu.

“Biasanya kami melakukan patroli malam hari dengan sasaran seperti barang-barang yang juga disinyalir masuk ke wilayah Madura,” jelasnya.

Dia sendiri menghimbau kepada seluruh nelayan agar kegiatan patroli yang sudah dilakukan agar semua pihak menjaga ketertiban masyarakat khususnya perairan di Bangkalan.

“Jangan sampai ada timbul konflik antar nelayan,” tukasnya.

Dia menerangkan, selama ini wilayah perairan di Bangkalan yang sering dimasuki nelayan luar daerah dengan menggunakan jaring trawl yakni sebelah timur Karang Jamuang atau dekat dengan Klampis dan Arosbaya. (ina/mam)

Komentar

News Feed