oleh

Sadar Ancaman,Trash Hero Sampang Perang Lawan Pembiaran Sampah Plastik

Kabarmadura.id/SAMPANG-Masalah lingkunganakibat sampah plastik,semakin diperparah dengan kurangnya kesadaran akan lingkungan. Namun, dengan semakin banyaknya sampah plastik, mulai banyak menciptakan komunitas yang memiliki kesadaran dalam memberi perhatian terhadap lingkungan, salah satunya Trash Hero.

Komunitas ini merupakan perkumpulan relawan yang peduli terhadap lingkungan, terutama untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik.  Kelompok yang terbentuk  pada 27 Oktober 2019 ini, sudah rutin membersihkan pesisir pantai di Sampang dari sampah plastiksebelum  wabah Covid-19.

Kegiatan menyisir pantai itu, rutin dilakukan Trash Hero. Sejauh ini, sudah tercatat 14 kali mereka beraktivitas membersihkan pantai dari plastik. Kini mereka harus istirahat untuk sementara  seiring dengan status darurat wabah Covid-19 sejak pertengahan Maret 2020 lalu.

“Alhamdulillah saat kami turun lapangan, respon masyarakat sangat baikdan kami sosialisasikan tentang peran tanggung jawab bersama untuk jaga lingkungan dari ancaman sampah plastik,” ulas Aditya yang juga ketua Trash Hero, Minggu (12/7/2020).

Istirahat membersihkan plastik sudah lebih dari 3 bulan ini, membuat komunitas ini sudah tidak sabar. Bagi mereka, membayangkan tumpukan sampah plastik saja sudah geram, apalagi dilihat secara langsung. Sehingga, jelas Aditya,  anggota komunitasnya sudah mulai gatal untuk kembalimenyisir plastik di pantai.

“Apalagi, rencana pembukaan wisata juga mulai diumumkan. Jadi teman-teman sudah mulai merencanakan akan kembali sisir pantai,” imbuh Aditya.

Komunitas ini memiliki induk di Bali, sasaran utamanya memang pantai, salah satunta Pantai Camplong. Bahkan, mereka juga bahkan pernah bersih-bersih pantai di pulau Mandangin.

“Teman-teman menyukai aktivitas bersih-bersih pantai, selain berlibur, mereka juga merasa memiliki sehingga harus bersih,” pungkasnya.(mal/bri/waw)

 

Komentar

News Feed