Sahur Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

Bulan suci Ramadan 1441 Hijriyah harus dijalani umat muslim di penjuru dunia bersama dengan wabah Covid-19. meskipun berbagai cara sudah dilakukan negara-negara di dunia sedang kewalahan menangani virus yang tak kunjung reda ini. Namun, sudah terdapat sedikit negara yang sudah bisa mengatasi permasalahan ini. contoh nya di negara China sendiri, dimana di negara tersebut tempat pertama virus ini muncul dan menular di berbagai kota di negara China hingga ke penjuru dunia.

Meski di tengah pandemi, ibadah umat muslim di bulan suci Ramadan tetap berlangsung. Bahkan, tidak sedikitpun mengurangi rasa ketaqwaan untuk menjalankan puasa. Namun, satu hal yang tidak boleh terlewatkan selama bulan puasa yaitu sahur, karena sahur merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi disaat berpuasa. Maka dari itu, kita harus lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan pada saat sahur, karena tubuh harus menghadapi dua tantangan, tidak sekadar puasa seharian, akan tetapi juga harus berperang melawan wabah Covid-19.

Berikut tips sahur sehat di tengah pandemi Covid-19 diantaranya;

1. Minum Air hangat dengan campuran madu.

Air hangat sangat bermanfaat bagi tubuh, karena dapat mencukupi cairan di dalam tubuh yang hilang ketika berpuasa. Madu juga sangat bagus bagi tubuh karena di dalam madu terdapat banyak khasiat bagi tubuh, diantaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, dianjurkan meminum air hangat yang sudah di campur madu saat sahur untuk lebih meningkatkan kekebalan tubuh di saat puasa dan dalam menghadapi pandemi covid 19 yang lagi melanda.

2. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur

Buah sangat baik dikonsumsi saat sahur, karena kandungan di dalam buah mempunyai kandungan vitamin yang cukup banyak dan serat yang tinggi. Hal ini sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh di tengah pandemi Covid-19.

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti halnya tahu, tempe dan berbagai jenis ikan laut. Karena dengan mengonsumsi makanan tersebut tubuh akan tetap fit dan tidak capek. Dan ikan laut juga memiliki kandungan esensial untuk membangun pertahanan diri pada saat Covid-19

4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi,

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, contohnya seperti nasi putih karena nasi mengandung serat tinggi sehingga membuat tubuh tetap berenergi setelah sahur hingga berbuka puasa.

Selain itu, terdapat pula untuk menjaga kesehatan tubuh ketika sahur yaitu keseimbangan sekunder, seperti menjaga kebersihan lingkungan. Dimana pada saat pandemi Covid-19 kita di tuntut untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Dimana dimulai dari lingkungan keluarga. Serta menjaga stamina tubuh dengan istirahat secukupnya. Hal ini, sangat mendukung untuk menjaga kesehatan ketika melaksanakan sahur di bulan Ramadhan ini dan pada saat pandemi Covid-19.

 

Aini Afiyati

(Penulis adalah Mahasiswa IAIN Madura, Semester VI, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *