Sambal dari Pulau Mandangin Akan Dipamerkan di Jatim Fair 2022


Sambal dari Pulau Mandangin Akan Dipamerkan di Jatim Fair 2022
(DOK. KM.ID) Sambal hasil produksi Dapoer Haidar, Pulau Mandingin, Sampang.

KM.ID | SAMPANG -- Sambal dari Pulau Mandangin akan ikut dipamerkan di Jatim Fair 2022. Sambal racikan Dapoer Haidar milik Diana Safira, warga Desa Pulau Mandangin ini terdiri dari dua rasa: Sambal Udang dan Sambal Cumi. Dua sambal andalan pulau satu-satunya di Kabupaten Sampang inilah yang akan ikut mewarnai kegiatan Jatim Fair 2022 di Grand City Jalan Walikota Mustajab 1, Surabaya.

Jatim Fair 2022 merupakan salah satu rangkaian perayaan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung selama satu pekan terhitung 7 hingga 13 Oktober 2022 mendatang. Agenda ini diharapkan menjadi sarana percepatan kebangkitan Jawa Timur dari kondisi pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 dengan mendorong para pelaku UMKM lokal.

Sementara Dapoer Haidar adalah salah satu UMKM di Pulau Mandangin yang merupakan binaan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Husky-CNOOC Madura Limited (HCML). Diana, sang pemilik Dapoer Haidar, sangat berterima kasih produknya bisa diperkenalkan di Jatim Fair 2022.

"Alhamdulillah, terima kasih banyak," ucap pemilik Dapoer Haidar Diana Safira, Rabu (6/10/2022).

Selain membawa produk berupa sambel, Dapoer Haidar juga membawa sejumlah produk lainnya. Seperti Abon Ikan, Petis Ikan dan Kerupuk Ikan.

Seluruh produk tersebut, bahan bakunya sangat melimpah di Pulau Mandangin. Melalui pembinaan HCML Dapoer Haidar merasa terbantu dalam meningkatkan kualitas kemasan, standard higienitas dan manajemen keuangan.

Ke depannya Diana berharap, dapat difasilitasi agar produk-produknya yang tanpa bahan pengawet ini untuk diperkenalkan di event-event berskala lebih besar.

Tak hanya memamerkan produk unggulan di Jawa Timur, Jatim Fair 2022 juga akan menghadirkan sederet artis papan atas setiap harinya. Mulai dari Feel Koplo, Tulus, Fourtwnty, NDX AKA, Guyonwaton, Ndarboy Genk, Dere, Iksan Skuter, Heavy Monster, Lomba Sihir, Tipe-X dan Jason Ranti.

Redaktur: Sule Sulaiman