oleh

Sambut HUT RI, Disparbudpora Sumenep Siapkan Paskibraka

Kabarmadura.id/Sumenep-Di tengah wabah Covid-19, Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep tetap melaksanakan latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) guna mempersiapkan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tahun ini.

Terdapat 423 orang peserta yang mengikuti seleksi tahap pertama dengan rincian 229 laki-laki dan 194 perempuan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Kepala Disparbudpora Sumenep Bambang Irianto menyampaikan, tentunya pelaksanaan latihan konsepnya tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Mewabahnya Covid-19, menjadi atensi serius yang harus diperhatikan.

“Paskibraka tetap siap, karena memang tetap latihan. Tetapi sifatnya hati-hati karena Covid-19, apalagi sudah tinggal satu bulanan maka insyaallah persiapan hampir seratus persen,” katanya, kemarin.

Pelaksanaan pengibaran bendera merupakan agenda tahunan yang tidak pernah dilewatkan begitu saja, sehingga mewabahnya Covid-19 terutama di ujung timur Pulau Madura menjadi tantangan tersendiri dan menguji kreativitas dalam melakukan pembinaan.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) dan PU Cipta Karya Sumenep itu menambahkan, pihaknya terus melakukan latihan lebih intens lagi pada pagi dan sore hari. Diharapkan, konsentrasi paskibraka akan lebih optimal dan menjadi motivasi kepada anggota paskibraka untuk tetap latihan dengan penuh ekstra konsentrasi, meski dalam kondisi apapun.

“Kalau panas sudah biasa bagi teman-teman paskibraka, tapi untuk berlatih sesuai protokol kesehatan harus dibiasakan juga, mudahnya, mereka pasti bisa hidup disiplin dalam berbagai kondisi dan keadaan seperti apapun,” imbuhnya.

Sehingga dia tetap mengimbau kepada peserta yang sudah aktif mengikuti pelatihan atau pembinaan agar selalu mawas diri ketika beraktivitas sehari-hari, apalagi dalam waktu dekat, selang satu bulan tenaganya sudah mau digunakan.

“Pola makan harus dijaga, makan yang meningkatkan kualitas imun, dan hindari aktivitas yang kurang perlu. Karena tenaga mereka sangat diharapkan,” pungkasnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed