oleh

Sampaikan Sosialisasi Stunting, Ketua TP PKK Tegaskan Pola Asuh Sangat Berpengaruh Terhadap Penekanannya.

Kabarmadura.id/Pamekasan– Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pamekasan Nayla Baddrut Tamam menegaskan pola asuh terhadap anak dan pemenuhan gizi anak sangat berpengaruh terhadap penekanan angka stunting di daerah.

Hal tersebut disampaikan ketika memberikan materi pada kegiatan Refreshing Materi Pengasuhan 1.000 hari Hari Pertama Kehidupan (HPK) desa stunting. Dengan maskud dan tujuan pembinaan keluarga balita dan anak stunting di ruang pertemuan PKP RI Pamekasan, Senin (31/8/2020).

Menurutnya, anak merupakan generasi muda penerus perjuangan bangsa. Sehingga memiliki peran strategis dan menjamin kelangsungan eksistensi bangsa serta  Negara dimasa depan. Oleh karena itu, memberi kesempatan agar mampu tumbuh dan berkembang optimal secara fisik, mental maupun sosial.

“Proses tumbuh kembang balita dan anak sangat penting pada 1000 HPK  yaitu pada 270 hari selama kehamilan dan 730 hari kehidupan pertama bayi setelah dilahirkan merupakan periode sensitif, karena akibat yang ditimbulkan terhadap bayi pada masa ini akan bersifat permanen dan tidak dapat dikoreksi,”ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, untuk mewujudkan penekanan stunting butuh peran kader di posyandu, dengan memberikan penyuluhan dalam rangka menyelamatkan stunting. Sehingga kader mampu mengajak sasaran balita dan ibu hamil untuk datang ke posyandu setiap bulan.

Serta, mengkampanyekan penggunaan panganan lokal yang memiliki nilai gizi tinggi, pendampingan masa remaja, pendampingan calon pengantin (Catin), pendampingan Bumil dengan baik dengan melakukan persalinan di faskes, dan  pendampingan bayi untuk asi eksklusif kepada balita.

“Perubahan pola hidup yang baik berperan mendorong meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga dan masyarakat,”tegasnya

Untuk penanganan stunting, lanjut Bu Nayla, salah satunya dengan terus mensosialisasikan penerapan di 1.000 HPK kepada ortu dan keluarga serta masyarakat secara luas. Sebab pengasuhan yang baik, pemahaman berpengaruh kepada perkembangan anak.

“Dengan kegiatan ini pula diharapkan pemenuhan hak anak untuk berkembang secara optimal di periode 1.000 HPK dapat mencegah anak stunting dan terwujud generasi emas,”pungkasnya. (rul/ito/*)

 

 

Komentar

News Feed