oleh

Sampang Sukses Jadi Tuan Rumah Festival Kesenian Pesisir Utara 2019

Kabarmadura.id/Sampang-Kabupaten Sampang sukses menjadi tuan rumah Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) tahun 2019. Bertemakan Desa Wisata Cerdas Mandiri dan Sejahtera (Dewi Cemara), FKPU ke-XIII menyajikan berbagai potensi wisata dari 14 kabupaten/kota yang menjadi peserta.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan, pihaknya sangat bangga atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah mempercayakan pagelaran FKPU ke- XIII dipusatkan di Kota Bahari.

Diungkapkan oleh H. Idi (sapaan akrabnya), gelaran FKPU menjadi jembatan bagi Kabupaten Sampang untuk mempromosikan potensi yang dimiliki, khususnya potensi wisata yang selama ini belum tereksplor dengan maksimal.

“Tentunya saya bangga, melalui kegiatan ini seluruh FKPU memahami situasi Sampang yang sesungguhnya, Sampang sangat kondusif dan indah,” ungkapnya.

Diharapkan oleh mantan Anggota DPR RI itu, gelaran FKPU bisa menjadi motivasi bagi desa-desa yang ada di wilayahnya untuk bisa mengembangkan, memanfaatkan, serta memaksimalkan semua potensi wisata di desa masing-masing.

Dengan demikian, desa-desa yang ada di Kabupaten Sampang, bisa maju dan mandiri. Sehingga, desa-desa tidak selalu bergantung pada pemerintah dalam membangunan desa dan mensejahterakan masyarakat.

“Saya ingin 180 desa yang ada di Sampang bisa mandiri dengan potensi wisatanya. Saya ingin desa bisa mandiri dari segi ekonominya, tidak bergantung pada pemerintah, sehingga tujuan Sampang sejahtera bisa terwujud,” harapnya.

Untuk diketahui, FKPU berlangsung selama tiga hari mulai 31 Oktober hingga 2 November 2019. Dalam gelaran itu, masyarakat disuguhi berbagai kesenian, pawai budaya, kerajinan seni ekonomi kreatif, hingga kuliner dari masing-masing daerah di wilayah pesisir utara.

Ada 14 daerah yang masuk wilayah pesisir utara yaitu, Kabupaten Sampang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep dan Kota Surabaya.

FKPU tahun 2019, terselenggara hasil kerjasama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten Samapng yang bertindak sebagai tuan rumah. (km49/pin)

Komentar

News Feed