Samsat Pamekasan Mencatat Pendapatan Pajak dan Retribusi Kendaraan Capai  Rp45,9 Miliar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) KEJAR TARGET: Kantor Bersama Samsat Pamekasan menargetkan pada akhir bulan ini target retribusi dan pajak kendaraan bermotor tercapai 52 persen.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Pamekasan menargetkan pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB) tahun 2021 sebesar Rp59,5 miliar dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar Rp25,5 miliar.

Kepala Pengelola Data Pelayanan Perpajakan (PDPP) Samsat Kabupaten Pamekasan Hidayaturrahman meyakini, pencapaiannya bisa mendekati target. Disebutkannya, untuk PKB pihaknya menargetkan setiap bulan pendapatannya sebesar Rp4,9 miliar.

Pria asal Sumenep itu merinci, pada Januari lalu, pihaknya mencapai target 9,13 persen dengan nilai Rp5,4 miliar. Pada bulan Februari mencapai 8,07 persen dengan nilai Rp4,8 miliar. Pada bulan Maret mencapai 9,09 persen dengan nilai Rp4,7 miliar dan pada bulan April mencapai 7,99 persen senilai Rp4,7 miliar.

Sementara untuk BBNKB, pihaknya memasang target setiap bulan sebesar Rp2,1 miliar. Pada bulan Januari lalu, pihaknya mencapai target 9,3 persen dengan nilai Rp2,3 miliar. Pada bulan Februari mencapai 8,9 persen senilai Rp2 miliar. Pada bulan Maret dan April mencapai 12,7 persen senilai Rp3,2 miliar.

Hingga saat ini, total penerimaan kas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pamekasan tahun 2021 dari sektor pajak kendaraan dan retribusi kendaraan lainnya termasuk denda sebesar Rp45,9 miliar. Capaian tersebut yaitu 53,75 persen dari target.

Kendati begitu, pihaknya mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Antara lain itu, masyarakat kerap lupa dengan tanggal jatuh tempo kendaraan bermotornya. Kemudian karena faktor ekonomi warga yang dalam kesulitan.

Selain itu, ada juga warga telah menjual kendaraannya namun kewajiban pajak tidak dilaksanakan oleh pembeli. Namun, pihaknya mengaku terus berupaya agar masyarakat taat pajak dengan melakukan sosialisasi dengan berbagai model hingga turun langsung ke masyarakat.

“Kami sosialisasi hingga ke pasar-pasar, menginformasikan kepada masyarakat,” pungkas pria yang akrab disapa Dayat itu. (ali/maf)

Rincian Penerimaan Pendapatan PKB dan BBNKB Tahun 2021

Target pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB) tahun 2021: Rp59,5 miliar

Target  pendapatan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB):  Rp25,5 miliar

– Target pendapatan PKB per bulan:  Rp4,9 miliar

–  Pendapatan PKB yang tercapai

Januari: Rp5,4 miliar (9,13 persen)

Februari: Rp4,8 miliar (8,07 persen)

Maret: Rp4,7 miliar (9,09 persen)

April:  Rp4,7  miliar (7,99 persen)

  • Target Pendapatan BBNKB setiap bulan: Rp2,1 miliar

Januari: Rp 2,3 miliar (9,3 persen)

Februari: Rp2 miliar (8,9 persen)

Maret: Rp3,2 miliar (8,9 persen)

April:Rp3,2 miliar (12,7 persen)

  • Total penerimaan dari sektor pajak dan retribusi: Rp45,9 miliar (53,75 persen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *