oleh

Santri Sesak, Ponpes Darul Mustofa Rugi Rp200 Juta

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Pondok Pesantren Darul Mustofa Al Ihsany di Desa Karangnangka, Kecamatan Blega, Bangkalan hampir habis dilalap si jago merah, Selasa (26/1/2021). Kejadian yang bermula pada pukul 01.30 dini hari tersebut dengan cepat melahap bangunan para santri saat mereka tengah terlelap.

Saksi mata Mustari menceritakan, dirinya menyadari ada kebakaran di pondok pesantrennya lantaran merasa sesak akibat asap yang dihirupnya. Mustari yang kebetulan tersadar segera mencari sumber asap.

”Saya kaget di dapur yang ada di samping kamar putra sudah penuh asap. Api sudah membakar sebagian bahan bangunan,” ulasnya.

Mustari segera berteriak meminta tolong dan membangunkan santri lainnya. Akhirnya warga yang berada di lingkungan pondok turut membantu. Setelah sekitar 30 menit, ada petugas dari kepolisian yang datang, kemudian menggunakan mobil tangki yang berisi air untuk memadamkan api.

”Beruntung ada mobil tangki yang membantu, sehingga api tidak sampai melahap seluruh bangunan,” tuturnya.

Kasi Pengendalian dan Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bangkalan Hendro Budi Cahyono menyatakan, pihaknya menerima laporan sekitar pukul 02.30. Setelah itu segera bergegas menuju lokasi. Akhirnya tiba pada pukul 03.45.

”Saat kami tiba, api sudah dijinakkan. Kemudian kami lakukan pembasahan. Informasinya ini disebabkan oleh korsleting listrik dari kulkas di dapur,” jelasnya.

Pihaknya mengaku kesulitan mencapai lokasi yang berjarak sekitar 41 km dari pusat kota Bangkalan. Beruntung warga memang menyediakan tangki khusus yang memang disiapkan untuk membantu menangani kebakaran di lingkungan tersebut.

”Jarak kami jauh. Tapi untung saja ada tangki air yang bisa digunakan oleh warga untuk memadamkan api. Jadi, tidak sampai habis,” paparnya.

Hendro juga menyebutkan taksiran perkiraan kerugian yang dialami oleh pondok pesantren bisa saja mencapai Rp200 juta. Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, tetapi cukup membuat geger lingkungan pondok. (km 59/nam)

Komentar

News Feed