Santunan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan Belum Cair

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) WASPADA: Puluhan masyarakat mengecek kesehatannya di Balai Karantina Kabupaten Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Korban meninggal dunia (MD) akibat Covid-19 di Kabupaten Bangkalan mencapai 168 pasien. Sebanyak 63 ahli waris, sudah diajukan untuk memperoleh bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Bantuan tersebut, sebagai ganti dari program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sebelumnya dihapus.

Hanya saja, seluruh ahli waris yang sudah mengajukan bantuan belum menerima pencairan dari Pemprov Jatim. Kondisi itu, dipertegas dengan pengakuan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Bangkalan Winagio Suharta. Dia menyatakan, belum menerima laporan dari Pemprov Jatim tentang realisasi bantuan tersebut, Rabu (5/5/2021).

Bacaan Lainnya

“Insyaallah bantuan itu, kemungkinan akan segera dicairkan oleh Pemprov Jatim. Informasi ini berdasar website resmi Pemprov Jatim,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, tidak semua pasien Covid-19 yang diajukan ke Pemprov Jatim memperoleh bantuan. Sebab, bantuan tersebut diprioritaskan bagi ahli waris yang sebelumnya sudah mengajukan ke Kemenkes. “Sebanyak 63 ahli waris ini, merupakan sisa yang belum mendapat bantuan dari Kemenkes,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan menyarankan, agar Dinsos berkoordinasi dengan pihak Pemprov Jatim untuk mengetahui kepastian tentang informasi pencairan bantuan tersebut. Sebab, seluruh keluarga korban Covid-19 sudah lama menunggu realisasi adanya bantuan itu.

“Dinsos harus berperan aktif, jangan hanya menunggu informasi, akan tetapi bisa berkoordinasi langsung dengan Pemprov Jatim untuk menanyakan kepastian realisasi bantuan itu terhadap penerima,” sarannya. (ina/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *