Santuni Abang Becak, Bold Riders Bangkalan Sumbang Sapi dan Kambing

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID | BANGKALAN- Komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Bangkalan serta komunitas Ana’en Reng Majheng secara khusus menyumbangkan dua ekor kambing dan seekor sapi untuk dikurbankan dan dagingnya diberikan kepada pekerja jalanan seperti tukang becak serta kaum dhuafa di sejumlah desa. Dari hewan-hewan kurban tersebut dapat disalurkan sebanyak 300 kantong atau paket daging kurban.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’.

Bacaan Lainnya

Program sosial ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota. Namun dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Koordinator acara pembagian hewan kurban di Bangkalan Kevien Agasta Prima Yudha mengatakan komunitas Bold Riders Bangkalan ini terdiri dari tujuh klub berbeda, yakni Bangkalan Scorpio Rider (BSR), Bangkalan Supra Community (BSC), Rider Ninja Bekasi Chapter Bangkalan, Bangkalan Ninja Community (BNMC), Bangkalan Max Owner (Bangmo), Vixion Rider Bangkalan (VR – B), Street Fire Bangkalan. Kemudian, ada juga dari komunitas nelayan Pamekasan, yakni ARM (ana’en Reng Majheng).

“Tahun ini jumlah hewan yang kami salurkan lebih banyak. Selain dua ekor kambing anak-anak Bold Riders Bangkalan juga menyumbang sapi,” katanya pada Selasa 20 Juli 2021.

Kolaborasi berbagai komunitas ini diikuti berbagai komunitas besar seperti Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst . Mereka berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Tahun ini merupakan yang kedua kalinya Kolaborasi KITA digelar. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan kepada masyarakat di 42 kabupaten/kota di Indonesia Timur.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam  program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *