Sapto Wahyono: Banyak Toko Modern di Pamekasan Labrak Jam Buka

  • Whatsapp
(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) LABRAK: Toko modern di Pamekasan masih banyak yang buka sebelum pukul 09.00 sebagaimana ketentuan dalam perda.) LABRAK: Toko modern di Pamekasan masih banyak yang buka sebelum pukul 09.00 sebagaimana ketentuan dalam perda.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Pembukaan toko modern di Kabupaten Pamekasan disinyalir banyak yang melabrak peraturan daerah (perda).

Sebagaimana disampaikan dosen Fakultas Hukum Universitas Madura (Unira) Sapto Wahyono, pelanggaran itu terkait jam buka. Padahal, kata Saptom  sudah ada perda tentang penataan toko modern sejak tahun 2013. Dalam isinya, jam buka toko moderan dibatasi mulai pukul 09,00 hingga 22,00, kecuali pada hari libur dibuka hingga 23.00.

Bacaan Lainnya

“Tetapi faktanya adalah banyak sekali buka justru pukul 06.00, artinya menyalahi dari perda,” ungkapnya.

Terkait adanya antisipasi wabah Covid-19, dia meminta pemkab tegas dalam memberlakukan perda tersebut, agar berimplikasi positif terhadap toko kecil dan terjadi perputaran ekonomi masyarakat yang baik di tengah paceklik ini.

“Saya kira ini demi menciptakan kelangsungan hidup perekonomian warung-warung kecil di sekitar kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pamekasan Raja’e berjanji akan memberikan sanksi tegas terhadap toko modern yang tidak patuh terhadap peraturan yang sudah ada. Sebab, setiap pengusaha yang membuka usaha di Pamekasan wajib mengikuti aturan yang berlaku.

“Tindakan tegas itu bisa berupa peringatan, pelaku usaha kan mesti memahami situasi yang kita hadapi saat ini, jadi harapan kami, masyarakat bisa mematuhi segala anjuran yang berikan oleh pemerintah,” pungkasnya. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *