oleh

Satgas Covid-19 Bangkalan Tetap Lanjutkan PTM Uji Coba

Kabarmadura.id/Bangkalan- Setelah sepekan Bangkalan ditetapkan menjadi zona kuning atau tingkat penularan Covid-19 rendah. Kini, Bangkalan kembali ditetapkan kembali sebagai wilayah dengan tingkat penularan covid-19 sedang atau zona orange. Perubahan tersebut terlihat sejak Jumat, (28/8/2020).

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan baik tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan menengah sudah mempersiapkan proses pembelajaran tatap muka (PTM). Hal itu didasari adanya perubahan status menjadi zona kuning serta  izin pelaksanaan PTM diperbolehkan oleh Satgas Covid-19 Bangkalan.

Humas Satgas Covid-19 Bangkalan Agus Zein menyampaikan, akan tetap melanjutkan persiapan PTM. Ditegaskannya, bahwa indikator capain skor yang harus dipenuhi Bangkalan untuk menjadi wilayah zona hijau berkurang. Bahkan diketahui, untuk PTM tingkat SMA/SMK akan dimulai hari ini, Senin (31/8/2020).

“Seperti tingkat kesembuhan, kematian dan kasus baru Bangkalan naik turun. Akhirnya selama 4 hari ada 8 kasus baru. Jadi merubah skor yang membuat Bangkalan kembali zona oranye,” jelasnya.

Mengenai persiapan PTM yang sudah dilaksanakan, dia menuturkan, akan tetap melanjutkan persiapannya. Mengingat pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kepala Disdik Bangkalan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan.

“Tetap lanjut, kami sudah mengeluarkan surat edaran jawaban mengenai itu. Tetap akan dalam pantauan satgas kecamatan dan wilayahnya tetap dan kapan akan dilaksanakannya sesuai kesiapan kepala dinas setempat,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk persiapan PTM di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tetap berlanjut juga. Pihaknya saat ini menyampaikan, tengah melakukan pemetaan dengan Dinkes Bangkalan wilayah mana saja yang diperbolehkan melakukan PTM.

“Masih dikaji dan dianalisis oleh Disdik dan Dinkes Bangkalam,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) SMA dan Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Disdik Jawa Timur Cabang Bangkalan, Moh. Fauzi mengatakan, jika sudah mendapatkan izin melalui surat edaran (SE) dari Bupati Bangkalan. SE tersebut bernomor nomor 420/2548/433.112/2020 tentang uji coba pembelajaran tatap muka terbatas di Bangkalan.

“Mulai hari ini, Senin (31/8/2020) sudah mulai PTM uji coba untuk SMAN 1 Tanjung Bumi, SMKN 1 Tanjung Bumi dan SLB Keleyan yang masuk zona Kuning,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fauzi mengatakan, sudah melakukan koordinasi kepada Dinkes Bangkalan mengenai pelaksanaan ini. Katanya, masing-masing sekolah tersebut telah siap seratus persen dengan menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan, yang akan masuk sekolah adalah siswa yang sudah mendapatkan izin dari orang tua untuk melakukan PTM.

“Jadi kami diberi jatah maksimal 50 persen dari jumlah total siswa yang ada di masing-masing sekolah,” terangnya.

Dia mengingatkan, agar masing-masing sekolah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Untuk sisa siswa yang tetap dilakukan daring. Dimana pembelajaran akan dilakukan secara bergantian.

“Kondisi sekolah harus dilakukan jaga jarak, tidak ada libur ya. Masuknya secara shift tapi siswa yang tidak masuk tetap daring. Sekolah harus menjadwal,” tandasnya. (ina/mam)

 

Komentar

News Feed