Satgas Kuratif Covid-19 Jawa Timur Tekankan Nakes dan Satgas Wajib Swab

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Proses vaksinasi dan penyekatan di Sampang tidak hanya diperketat untuk masyarakat saja, petugas medis atau tenaga kesehatan (nakes) dan semua petugas satuan tugas (satgas) wajib menjalani swab secara rutin. Sebab mobilitas mereka tinggi yang memungkinkan bersentuhan dengan banyak pihak.

Sehingga, mereka tidak hanya divaksin. Namun juga rutin lakukan tes swab. Sehingga, siapapun yang berinteraksi tetap aman.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan oleh Ketua Satgas Kuratif penanganan Covid – 19, Jawa Timur dr Joni Wahyuhadi kepada Kabar Madura. Dia mengatakan, yang harus aman pertama kali adalah nakes dan satgas. Mereka harus selesai vaksin dan swab rutin. Baik untuk menjaga keselamatan nakes dan orang lain.

“Semua nakes wajib swab. Semua satgas wajib swab. Tes swab lebih penting dari vaksin. Selanjutnya adalah pakaian sesuai protokol Covid, ” katanya.

Imbauan itu diakui tidak hanya berlaku di Sampang. Namun juga di semua kabupaten di Madura. Terutama di Bangkalan, Madura. Sebab di Bangkalan satu-satunya zona merah di Jawa Timur. Sehingga, Sampang yang merupakan wilayah terdekat dengan Bangkalan, harus lebih waspada.

Dokter Joni menjelaskan, pihaknya selama ini sudah mengimbau semua nakes dan satgas harus di-screening. Apalagi menurutnya, virus yang menyebar di Bangkalan adalah varian baru dari India. Sehingga, setiap hari nakes dan satgas wajib rutin screening, protokol kesehatan dan swab.

“Jangan resah soal mutasi. Karena virus pekerjaannya adalah mutasi. Salah satu antisipasinya adalah mematuhi protokol Covid. Pakai masker, tidak berinteraksi langsung dengan banyak orang maupun memakai hand sanitizer,” kata Joni menegaskan bahwa sejak awal sudah dilakukan swab rutin.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sampang, Agus Mulyadi menegaskan bahwa semua nakes di Sampang dipastikan sudah divaksin. Swab juga dilakukan secara rutin. Termasuk tim satgas yang bertugas di sejumlah lokasi. Baik di penyekatan dan lokasi penampungan PMI.

“Kami pastikan di Sampang semua nakes dan satgas aman. Melakukan swab antigen secara rutin. Termasuk penggunaan pakaian standarisasi protokol Covid,” katanya. (man/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *