oleh

Satlantas Sampang Gelar Pengibaran Bendera di Monumen Trunojoyo

Kabarmadura.id/Sampang-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polisi Resort (polres) Sampang gelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75 di Monumen Trunojoyo Sampang. Senin, (17/8/2020).  Kendati gelaran upacara berbeda dari tahun sebelumnya, namun tidak menghilangkan sakralitas dan nilai sejarah dalam mengenang perjuangan para pahlawan.

Adapun kegiatan pengibaran bendera di jantung Kota Sampang, tepatnya di area Monumen Trunojoyo Sampang diikuti sejumlah gabungan masyarakat yang terdiri dari jajaran Satlantas Polres Sampang, anggota kodim 0828 Sampang, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Mahasiswa.

Pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih yang berukuran kurang lebih 3×2 meter tersebut memancing simpatik warga sekitar. Terbukti, para pemilik toko maupun masyarakat yang ada di area sekitar ikut melakukan penghormatan saat pengibaran bendera itu dilakukan.

Tidak hanya itu, para pengendara yang melitas memilih berhenti di masing-masing trafic light untuk mengikuti upacara, sehingga ada salah satu pengendara yang merasa terharu.

Kasatlantas Polres Sampang, AKP Ayip Rizal melalui Kanit Laka Lantas, Ipda Eko Puji Waluyo mengatakan, Kegiatan sacral itu dalam rangka untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75. Kegiatan pengibaran bendera dengan cara seperti ini baru pertama kali di Kota Bahari. Hal itu didasari dengan inovasi yang muncul seketika untuk menyatukan visi dan misi, mengenang para pahlawan yang sudah berjuangan untuk memerdekakan negeri tercinta.

Sehingga, ia menginginkan bahwa semua elemen masyarakat di Sampang, utamanya yang ada di area perkotaan atau di jalan raya untuk sejenak mengingat jasa para pahlawan.

“Kegiatan ini hanya dilakukan di jalan raya area Monumen Trunojoyo Sampang yang merupakan ikon Kabupaten Sampang, dan kegiatan ini diikuti oleh sebagian masyarakat yang menyatukan visi dan misinya,” ungkapnya, Senin (17/8/2020).

Selain itu, setelah pengibaran Bendera Merah Putih, pihaknya berharap kepada semua masyarakat Sampang untuk saling mengeratkan satu sama lain guna menjaga kerukunan dan membawa Indonesia lebih maju.

Sebab, para pahlawan sudah berjuang untuk memerdekakan Indonesia, sehingga sangat penting masyarakat memperingati hari kemerdekaan dengan mengingat perjuangan para pahlawan pada saat itu.

“Kita harus bersatu padu untuk membangun negeri tercinta ini,  kita bersatu untuk membawa Kabupaten Sampang lebih hebat dan bermartabat,” imbuhnya.

Sementara, salah satu pengendara  motor yang melintas pada saat pengibaran bendera, Nurjanah Hardita asal Desa Panggung, Kecamatan Sampang menyampaikan, ketika ada sebagian polisi yang berjejeran di area monumen khawatir ada penilangan. Namun saat diketahui melakukan pengibaran bendera di tengah jalan ia sangat terharu.

Selain itu dirinya menyampaikan, untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI dan mengenang para jasa pahlawan memang harus dimana saja, tanpa melihat tempat. Kegiatan itu menurutnya dapat memotivasi masyarakat, khususnya pemuda untuk lebih baik lagi dalam berkomitmen menjaga NKRI dan menjadikan Sampang lebih maju.

“Saya baru pertama kali melihat konsep pengibaran bendera kali ini, dan saya kagum meskipun di tengah wabah Covid-19 tidak membuat semangat masyarakat Sampang rapuh untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ya ke 75 ini,” singkatnya (mal/mam)

Komentar

News Feed