Satpol PP Bangkalan Ciduk Keluarga Pengemis

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) DIBINA: Delapan pengemis di lampu merah Pasar Seninan Kabupaten Bangkalan, berhasil diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kemarin.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangkalan, mengamankan delapan orang pengemis. Mereka, beroperasi di lampu merah Pasar Seninan. Ironisnya, ke delapan pengemis tersebut masih satu keluarga. Bahkan, menyewa kendaraan roda empat untuk melancarkan aksinya sebagai pengemis.

“Empat orang diantaranya masih di bawah umur dan dua orang tua yang tidak lain merupakan ibu dan bapak dari empat anak tersebut. Mereka berasal dari Kamal. Kemudian dua orangnya lagi dewasa ada yang dari Kamal dan satu orang dari Sampang,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Trantibum) Satpol PP Bangkalan, Kamis (6/5/2021).

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan, setelah berhasil diamankan para pengemis memperoleh pembinaan dan larangan keras mengulangi kembali beroperasi di daerah perkotaan sebagai pengemis. Apabila, mangkel maka akan menerapkan sanksi yang lebih tegas. Tentunya, tidak terlepas dari koordinasi dengan Dinas Sosial  (Dinsos) sebagai leading sektornya.

“Memang mereka empat anak dibawah umur, dugaan kami sementara ini memang diajak atau disuruh orang tuanya mengemis karena faktor ekonomi. Tapi, mereka berangkatnya menggunakan mobil carry dari Kamal,” tuturnya.

Pihaknya berjanji, akan menindaklanjuti tentang dugaan sementara tentang pengemis yang dilakukan anak di bawah umur. Bahkan, mendatangi pemilik mobil carry untuk mengetahui secara pasti dibalik pengemis anak di bawah umur tersebut. “Kami datangi langsung, pemilik mobil mengaku hanya di sewa,” paparnya.

Selain itu, akan memperluas razia sesuai dengan instruksi bupati. Sehingga, jelang lebaran keberadaan anak jalanan (anjal) maupun pengemis mampu ditertibkan. “Kemarin kami hitung hasil dari meminta atau mengemis satu keluarga itu sekitar Rp100 ribu dari jam 7 pagi hingga 8 malam. Dan orang tuanya ini hanya menunggu, yang meminta-minta anaknya,” tukasnya. (ina/ito)

Rincian Delapan Orang Pengemis yang Berhasil Diamankan Satpol PP Bangkalan

  • Empat orang anak di bawah umur
  • Dua orang dewasa
  • Merupakan satu keluarga
  • Berasal dari Kamal
  • Mereka menyewa mobil carry dari Kamal sebagai kendaraan menuju lokasi mengemis

Dua Orang Pengemis Lainnya

  • Satu orang dewasa dari Kamal
  • Satu orang dewasa dari Kabupaten Sampang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *