Satpol PP dan Damkar Pamekasan Kekurangan Anggaran Pemeliharaan Sarpras Pemadam Kebakaran

News75 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pemeliharaan sarana dan prasarana (sarpras) pemadam kebakaran di Pamekasan kekurangan anggaran. Secara keseluruhan pemeliharaan itu bisa mencapai Rp200 juta.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Damkar Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Misyanto, Minggu (1/10/2023). Menurutnya, anggaran yang tidak memadai itu membuat pemeliharaan dilakukan secara bertahap setiap armada.

Disebutkan, pemeliharaan masing-masing unit bisa mencapai puluhan juta. Mulai dari perbaikan mesin armada, selang air, hingga biaya operasional lainnya. Pemeliharaan secara bergantian itu dilakukan agar setiap armada ada yang bisa dioperasikan.

“Paling mahal perawatan mesin. Entah itu beli atau memperbaiki. Satu unit armada bisa capai Rp30 juta. Sedangkan sarprasnya di sini ada dua unit armada kebakaran, dua armada suplai tangki air, dan satu armada kebakaran tapi rusak, sekarang jadi aset. Jadi yang beroperasi ada empat,” jelas Misyanto.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Berhasil Tumbuhkan Produktivitas Lahan Marginal, Diganjar Penghargaan Gubernur Jatim

Dia menambahkan, saat ini pihaknya sedang proses mengajukan tambahan sarpras guna menunjang efektivitas layanan. Pengajuan pengadaan itu berupa dua unit armada kebakaran, masing-masing unit Rp2 miliar. Namun, belum memastikan bahwa pengadaan itu bisa terealisasi sepenuhnya tahun ini.

“Jika ada pengadaan sarpras, otomatis kami ada tambahan sumber daya manusia (SDM). Sejauh ini SDM yang kami miliki cukup, tidak ada kendala apa soal SDM. Totalnya sekitar 37 anggota,” ungkapnya.

Untuk diketahui, terdapat 49 kasus kebakaran yang terjadi dalam rentang waktu Januari hingga pertengahan September kemarin.

Baca Juga:  Banyak Pelatihan Kerja di Pemkab Sumenep Diragukan Tujuannya

49 KASUS KEBAKARAN DI PAMEKASAN SEPANJANG 2023

Bulan              Jumlah Kejadian

Januari             3 Kejadian

Februari          1 Kejadian

Maret               0 Kejadian

April                2 Kejadian

Mei                  3 Kejadian

Juni                 3 Kejadian

Juli                  10 Kejadian

Agustus           22 Kejadian

September       5 Kejadian

Sumber data: Satpol PP dan Damkar Pamekasan (per 5 September 2023).

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *