oleh

Satpol PP Sampang Hanya Tegur Satu Tower Ilegal

Kabarmadura.id/Sampang-Keberadaan menara tower yang tidak mengantongi izin resmi atau ilegal di Kabupaten Sampang, kurang terawasi. Bahkan penindakan terhadap tower ilegal tampak kurang tegas. Indikasinya, hingga kini baru ada satu tower yang diberikan surat teguran oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sampang.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Peraturan Daerah dan Ketertiban Umum Satpol PP Sampang Agus Alfian mengatakan, sebelum mengambil tindakan tegas dengan melakukan penutupan keberadaan tower ilegal, pihaknya lebih dulu melakukan evaluasi dan koordinasi dengan OPD terkait.

Pihaknya berdalih, saat ini masih terkendala data-data tower yang ada di wilayah Sampang. Pihaknya mengaku belum memiliki data detail tower yang sudah berizin dan tidak berizin.

Akibatnya, pihaknya belum bisa melakukan penutupan usaha ilegal itu. Selain itu, sebelum ditindak ada tahapan dan proses yang harus dilalui, yakni surat teguran satu dan dua, setelah itu baru bisa dilakukan penutupan.

“Sampai sekarang ini baru ada satu tower yang sudah diberi surat teguran untuk segera mengurus izinnya, yakni tower di Jalan Suhadak,” ujar Agus, Kamis (6/8/2020).

Sementara itu, Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan DPMPTSP Sampang Sudarmaji mengungkapkan, sejak bulan Januari 2020 hingga sekarang, jumlah menara tower yang mengurus izin dan sudah diterbitkan ada lima titik. Rinciannya, tower yang didirikan oleh Centratama sebanyak empat lokasi. Kemudian tower yang didirikan oleh Telkomsel sebanyak satu lokasi.

“Kami harap ada kesadaran pelaku usaha untuk segera mengurus izin towe tersebut,” ungkap Sudarmaji.

Sebelumnya, Kabid Perumahan dan Pertanahan DPRKP Sampang Candra Romadhani Amin mengatakan, untuk retribusi tower hingga kini belum ada, karena masih terkendala dengan data tower yang terbaru. Sementara untuk target retribusi tower tahun ini senilai Rp60 juta, tetapi belum realisasi.

“Untuk realisasi retribusi tower ini belum ada sama sekali, masih on proses,” singkatnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed