Satpol PP Sumenep Butuh Tambahan 100 Personel

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) TIDAK IDEAL: Personel Satpol PP di Sumenep butuh penambahan untuk menjalankan tugas sebagai penegak perda.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumenep kurang maksimal. Hal itu dikarenakan jumlah personel yang ada masih jauh dari harapan. Tercatat, saat ini jumlahnya sekitar 200 personel, sementara untuk kebutuhan secara keseluruhan minimal 300 personel penegak peraturan daerah (perda).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumenep Purwo Edi Prasetia mengatakan, selama ini apabila ada penertiban di tingkat kelurahan yang potensi rawan konfliknya besar akan diserahkan ke kecamatan hingga tingkat kota. Diakuinya jika jumlah personelnya masih sedikit sehingga kewalahan ketika ada penertiban yang berbarengan.

Bacaan Lainnya

”Karena keterbatasan personel maka penertiban terpaksa dilakukan secara gabungan, termasuk untuk melakukan operasi kami sangat kewalahan,” katanya, Kamis (17/6/2021).

Dikatakan Purwo, pihaknya berencana untuk mengajukan tambahan personel bantuan. Menurutnya personel bantuan memiliki tugas pokok yang sama dengan Satpol PP, hanya saja bukan pegawai negeri. Personel bantuan direkrut dari masyarakat seperti halnya perlindungan masyarakat (linmas).

“Insya Allah tahun 2022 akan segera ada penambahan,” tandasnya.

Purwo menegaskan, selain di kelurahan beberapa personel itu ada yang ditempatkan di rumah jabatan bupati dan wakil bupati. Kemudian, ada yang ditempatkan di kantor bupati, di seluruh dinas juga ada penjagaan.

“Jadi kami sangat betul-betul kekurangan,” ucap dia.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Sumenep Juhari mengatakan, kekurangan personel di Satpol PP tentunya menjadi persoalan bersama. Selama ini banyak petugas Satpol PP yang mengeluh karena melakukan pengamanan sendirian di masing-masing OPD.

“Penambahan memang perlu dilakukan untuk kemaslahatan bersama,” pungkasnya. (imd/mam)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *