Satu Desa di Pamekasan Belum Buka Pendaftaran Cakades

  • Whatsapp
PILKADES: Terlihat di salah satu desa sudah selesai melaksanakan pendaftaran pilkades.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 September mendatang sudah berlangsung. Bahakan mayoritas desa dari 93 desa yang akan melaksanakan pilakdes sudah selesai melakukan tahapan pendaftaran.

Hanya saja diketahui, masih terdapat satu desa yang sampai saat ini masih belum membuka pendaftaran  untuk Calon Kepala Desa (Cakades). Satu desa yang dimaksud adalah Desa Lesong Daya, Kecamatan Daya, Kecamatan Batumarmar.

Disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan Ach. Faisol melalui stafnya Harun Arrosyid, penentuan pembukaan pendaftaran pilkades dipasrahkan penuh kepada kepanitiaan di masing-masing desa.

Dengan demikian, setiap desa bebas membuka dan menutup pendaftaran cakades sesuai dengan ketetapan kepantiaan pilkades di masing-masing desa. Terpenting, saat pemilihan nantinya, seluruh desa harus melakukannya secara serentak.

“Kalau pendaftarannya tidak harus bersamaan hanya yang harus  bersamaan adalah pelaksanaan pemilihannya nanti pada 11 September,” paparnya, Selasa (23/7).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh DPMD dari 93 desa, selain Desa Lesong Daja, ada satu desa lain, yakni Desa Lesong Laok yang saat ini belum selesai melakukan tahapan pendaftaran. Hanya saja, Desa Lesong Laok sudah memulai pendaftaran cakades.

Dijelaskan olehnya, mekanisme yang harus dijalankan oleh kepanitian pilkaades di tingkat desa, harus sesuai dengan aturan yang sudah tertera dalam perda dan perbup sebagai rujukan.

“Kami hanya memberi pegangan kepada panitia di tingkat desa,” paparnya.

Sementara itu, Ketua komisi I DPRD Pamekasan Ismail menyampaikan, kinerja dari para panitia penyelenggara pilkades serentak tersebut harus sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Namun, realitasnya masih tersisa dua desa yang belum melakukan pendaftaran terbuka pilkades serentak.

“Kepanitiaan harus ikuti aturan yang sudah ditetapkan,” ungkapnya, (rul/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *