Satu Lagi Sembuh, RSUD Bangkalan Sudah Pulangkan 3 Pasien Covid-19 Bangkalan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) SEMBUH: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkalan yang dijadikan rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Bangkalan.

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Pasien yang terinfeksi Covid-19 di Bangkalan saat ini mencapai 19 orang. Namun, 3 di antaranya dinyatakan sembuh oleh pihak rumah sakit berdasarkan swab atau PCR. Pasien pertama yang sembuh adalah pasien nomer 01 asal Blega, kedua adalah pasien nomer 3 yakni dr Z asal Klampis.

Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh berikutnya yakni Pasien Nomor 07 asal Arosbaya. Rencananya, pasien ini akan pulang pada hari ini, Senin (11/5/2020).

Bacaan Lainnya

“Pasien ke 7 klaster pelayaran asal Arosbaya besok keluar rumah sakit,” ujar Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bangkalan Agus Zein, Minggu (10/5/2020).

Awalnya, data pasien Covid-19 di website Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan berbeda dengan data pasien Covid-19 yang sembuh di website Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangkalan.

Di mana pada website Pemkab Bangkalan pasien sembuh per tanggal 9 Mei 2020 ada 3 orang. Namun, website Pemprov Jatim pasien Covid-19 asal Bangkalan yang sembuh ada 2 orang.

“Yang benar yang diupload Pemkab Bangkalan, yang sembuh ada 3 orang. Senin (11/5/2020) pasien ini sudah bisa pulang,” tegasnya.

Diketahui, Pasien Nomor 07 merupakan seorang pelaut yang sebelumnya sudah terlacak dan sempat dikategorikan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).  Saat ini, pasien tersebut sedang dirawat di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Syarifah Ambami Rato Ebuh (Syamrabu) Bangkalan sekaligus menjalani isolasi perawatan.

Pasien Covid-19 asal Kecamatan Arosbaya ini berjenis kelamin laki-laki dan berusia 33 tahun. Dia memiliki riwayat berlayar dari Dubai dan tiba di Bangkalan pada 17 Maret 2020.

Sedangkan, hasil uji swab spesimen dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dilakukan pada 14 April 2020. Hasil uji laboratorium yang terbit pada 24 April 2020 menyatakan pasien terinfeksi Covid-19.

Di tempat terpisah, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 RSUD Bangkalan, dr Catur Budi menyampaikan, Pasien 07 dirawat di rumah sakit sudah 14 hari atau sejak tanggal 24 April lalu. Kata dokter spesialis paru-paru tersebut, selama menjalani perawatan, Pasien 07 tidak mengalami keluhan atau sakit berat.

“Hanya keluhan ringan seperti batuk, demam dan pilek saja. Tidak ada keluhan yang berat,” jelasnya.

Masih menurut dr Catur, Pasien 07 ini tidak mempinyai riwayat penyakit lain sebelumnya. Hanya Covid-19 yang dialami. Sehingga, hasil swab atau PCR yang sudah dilakukan dinyatakan non-reaktif atau bersih dari Covid-19.

“Swab atau PCR-nya yang kedua hasilnya sudah keluar dengan non-reaktif. Sehingga, besok sudah bisa pulang,” tandasnya. (ina/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *